Pengertian Globalisasi: Teori, Faktor Penyebab dan Dampak Globalisasi

PENGERTIAN GLOBALISASI – Apakah kalian pernah mendengar istilah globalisasi? Sebagian besar dari kita pasti tidak asing lagi dengan istilah ini. Walaupun mungkin kita belum mengetahui apa pengertian globalisasi itu sendiri.

Faktanya, istilah globalisasi sering digunakan pada ranah umum melalui berbagai media, baik media cetak maupun media online. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan globalisasi?

Apabila akan membahas mengenai pengertian globalisasi, maka akan lebih mudah jika kita memulainya dengan menjabarkan asal katanya terlebih dahulu. Kata globalisasi berasal dari bahasa Inggris yaitu globalize. Arti dari kata globalize adalah universal atau mendunia. Dalam pengartiannya kata ini merujuk pada kata globe pada globezation yang memiliki arti dunia.

Mengingat adanya padanan ization pada kata globalization yang berarti proses, maka globalisasi memiliki makna proses dari sesuatu yang universal. Jika dimaknai lebih dalam lagi, maka globalisasi bisa berarti proses distribusi hal baru yang dapat berupa gaya hidup, informasi, ideologi hingga teknologi yang jadi mendunia.

Apa saja yang dapat menjadi pendorong terjadinya globalisasi? Jawabannya adalah progresifnya perkembangan teknologi dari telekomunikasi dan juga infrastruktur dari transportasi, terlebih lagi dengan adanya internet.

Seiring berkembangnya teknologi yang makin maju dapat menjadi pemicu terjadinya globalisasi. Yang kemudian mau tidak mau akan mempengaruhi gaya hidup dan pola pikir masyarakat di dunia.

Pengertian Globalisasi Secara Umum

pengertian globalisasi, pengertian globalisasi secara umum
keepsoh.com

Jika tadi kita telah membahas asal kata dari globalisasi, maka sekarang waktunya kita mengetahui definisi dari kata globalisasi ini. Pengertian globalisasi secara umum yaitu proses yang menyeluruh dimana setiap individu tidak memiliki batas wilayh negara maupun tidak saling mngenal satu sama lain.

Globalisasi berarti setiap orang dapat saling terhubung dan melakukan transfer data ataupun informasi kapan saja dan dimanapun mereka berada. Proses transfer dan pertukaran informasi ini bahkan dapat dilakukan dengan media apapun, baik media cetak maupun elektronik.

Dengan begitu, globalisasi dapat mempermudah terjadinya komunikasi antar bangsa tanpa adanya batasan dan halangan, baik dalam ranah budaya dan ekonomi. Kita bisa mengenal budaya asing melalui globalisasi. Demikian juga suatu bangsa bisa memperkenalkan kekayaan budayanya melalui proses globalisasi.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Jika pengertian globalisasi secara umum berarti proses mendunia dari suatu hal, maka bagaimana dengan tanggapan dari para ahli? Inilah Pengertian globalisasi menurut para ahli yang telah kami rangkum:

1. Menurut Achmad Suparman

Pengertian globalisasi menurut Achmad Suparman adalah proses yang membuat suatu hal, baik berupa barang maupun sikap yang menjadi identitas perseorangan di dunia tanpa adanya batasan wilayah.

2. Menurut Thomas L. Friedman

Pengertian globalisasi menurut Thomas L. Friedman, globalisasi dikenal memiliki sisi pandangan hidup dan teknologi, dimana sisi teknologinya mencakup pasar bebas dan juga kapitalisme, sedangkan sisi teknologi berhubungan dengan teknologi informasi yang mempersatukan dunia.

3. Menurut Selo Sumardjan

Pengertian globalisasi menurut Selo Sumardjan yaitu sebuah proses pembentukan sistem organisasi dan komunikasi yang berlangsung diantara individu dari seluruh belahan di dunia. Tujuan dari proses ini yaitu untuk mengikuti sistem dan prinsip-prinsip yang sama. Salah satu contoh dari hal ini seperti terbentuknya organisasi-organisasi besar dunia.

4. Menurut Scholte

Pengertian globalisasi menurut Scholte adalah perkembangan dari hubungan internasional, dimana setiap negara yang terlibat tetap mempertahankan jati dirinya masing-masing, akan tetapi dalam prosesnya terjadi ketergantungan antara negara satu dengan negara yang lain.

5. Menurut Dr. Nayref R.F. Al-Rodhan

Pengertian globalisasi menurut Dr. Nayref R.F. Al-Rodhan yaitu sebuah proses yang meliputi masalah dan konsekuensi antar negara dan antar budaya dari berbagai kegiatan.

6. Menurut Anthony Giddens

Pengertian globalisasi menurut Anthony Giddens yaitu suatu proses percepatan dari relasi sosial di dunia (bersifat universal) yang menghubungkan peristiwa di wilayah satu dengan wilayah yang lain dan kemudian menyebabkan terjadinya perubhan pada kedua wilayah tersebut.

7. Menurut Martin Albrown

Pengertian globalisasi menurut Martin Albrown yaitu suatu proses yang menyambungkan setiap penduduk di dunia ke dalam komunitas yang bersifat global.

8. Menurut Princeton N. Lyman

Pengertian globalisasi menurut Princeton N. Lyman yaitu perkembangan yang terjadi dengan sangat cepat berdasarkan pada kondisi saling membutuhkan diantara negara-negara di dunia dalam hal transaksi perdagangan dan ekonomi.

8. Menurut Malcolm Waters

Pengertian globalisasi menurut Malcolm Waters yaitu suatu proses di ranah sosial yang mengakibatkan menurunnya batas wilayah dalam sosial budaya. Hal ini terwujud di dalam kesaran dari individu yang berkaitan.

9. Menurut Laurence E. Rothenberg

Pengertian globalisasi menurut Laurence Rothenberg adalah laju progresif dan intensif yang berhubungan dengan interaksi dan penyatuan diantara orang-orang yang ada di dalam perusahaan, pemerintahan dan berasal dari negara yang berbeda-beda.

10. Menurut Emanuel Richter

Pengertian globalisasi menurut Emanuel Richter yaitu jaringan kerja yang bersifat universal yang berkesinambungan memadukan masyarakat yang tadinya tersebar dan terkucil kedalam ketergantungan dan persatuan di dunia.

11. Menurut Antony Giddens

Menurut Anthony Giddens, pengertian globalisasi adalah intensifikasi hubungan sosial secara mendunia sehingga menghubungkan antara peristiwa di satu lokasi dengan lokasi lainnya serta menyebabkan terjadinya perubahan pada keduanya.

Dari beberapa pengertian diatas, maka bisa dipahami bahwa pengertian globalisasi dari para ahli pun tidak berbeda dengan apa yang kita pahami sebelumnya. Justru beberapa paparan dari pengertian globalisasi malah semakin mempermudah kita untuk memahami apa yang dikenal sebagai proses universal ini.

Teori Globalisasi

Beberapa ahli mengemukakan teorinya tentang terjadinya globalisasi. Diantara para tokoh terkenal yang mengemukakan teori globalisasi adalah Cochrane dan Pain, mereka menyatakn bahwa globalisasi dipengaruhi oleh tiga pelaku utama, yaitu;

  1. Para Globalis, yaitu mereka yang mempercayai bahwa globalisasi adalah sebuah kenyataan yang mengandung konsekuensi nyata terhadap bagaimana orang dan lembaga di seluruh dunia berjalan.
  2. Para Tradisionalis, yaitu mereka yang tidak meyakini bahwa globalisasi sedang terjadi dan menganggapnya sebagai mitos atau sesuatu yang dilebih-lebihkan.
  3. Para Transformalis, yaitu mereka yang berada di tengah-tengah para globalsi dan tradisionalis. Mereka meyakini bahwa globalisasi sedang berlangsung, akan tetapi menganggap pengaruh globalisasi terlalu dibesar-besarkan oleh para globalis.

Selain itu, seorang ahli sejarah yang bernama George Ritzer juga mengemukakan teorinya mengenai globalisasi. Menurut George Ritzer, era globalisasi ditandai dengan adanya perubahan di bidang komunikasi. Salah satunya yaitu ditemukannya televisi dan telepon yang pada akhirnya membuat masyarakat global menjadi sadar dengan hal tersebut.

Pengertian Globalisasi Lingkungan

pengertian globalisasi lingkungan
keepsoh.com

Globalisasi yang terjadi pada suatu negara secara bertahap jelas akan mempengaruhi lingkungan. Pasalnya, untuk mendukung globalisasi tentu duperlukan pembangunan infrastruktur yang memadai.

Dalam hal ini, pembebasan lahan tanam untuk menjadi jalan tol sering dilakukan di berbagai wilayah. Kebijakan ini tidak lain bertujuan untuk memudahkan aksebilitasi masyarakat terhadap transportasi, baik berupa barang maupun berupa jasa.

Lalu, apakah pengertian globalisasi lingkungan? Globalisasi lingkungan adalah segala bentuk pengaruh globalisasi yang berimbas pada kondisi lingkungan di suatu negara.

Penyebab Terjadinya Globalisasi dan Dampak Globalisasi

Patut kita ketahui bahwa globalisasi tidak akan terjadi dengan sendirinya. Ada beberapa faktor penyebab yang kemudian mengakibatkan globalisasi berlangsung, bahkan mendorong arusnya terjadi semakin cepat. Apa saja penyebabnya? Simak ulasannya dibawah ini.

1. Melakukan Kerja Sama Internasional

Sudah menjadi suatu yang lazim jika sebuah negara kemudian menjalin kerja sama dengan negara lain. Terlebih jika berhubungan dengan kebutuhan sokongan dana ekonomi ataupun kebutuhan peningkatan kualitas pendidikan di tanah air.

Hl tersebutlah yang berikutnya menjadi pemicu terjadinya globalisasi. Dengan adanya hubungan kerja sama antar negara membuat transaksi keuangan mudah untuk dilangsungkan. Hasilnya, ekspor impor bisa berlangusng. Tidak hanya produk dalam negeri yang akan dikenal secara internasional, akan tetapi barang-barang merk luar negeri pun akan bertebaran di tanah air.

2. Pesatnya Perkembangan Terknologi dan Informasi

Selin adanaya kerjasama, berkembangnya teknologi akan memfalisitasi transaksi keuangan dengan lebih mudah. Kemudahan yang dapat dirasakan oleh semua paisan masyarakat ini kemudian akan mendukung terjadinya transaksi internasional.

Selain dapat menjual produk ke negara lain, kita pun dapat membeli barang yang dijual orang di negara lain. Sejauhu itulah efek perkembangan teknologi dapat menyokong arus globalisasi.

3. Mudah dalam Transportasi

Tidak perlu menyangsikan pengiriman barang antar negara. Sekarang, dengan pesatnya perkembangan infrastruktur, transportasi barang pun menjadi semakin mudah. Bahkan produk yang baru dirilis di negara lain pun bisa kita miliki dalam hitungan hari.

4. Sistem Ekonomi Terbuka

Kegiatan ekonomi terbuka mengakibatkan negara-negara dapat saling berinteraksi. Salah satunya dalam ekspor maupun impor produk dari satu negara ke negara lainnya.

Perlu kita pahami bahwa barang yang diproduksi oleh suatu negara tentu akan membawa budaya dari negara tersebut. Hal ini yang kemudian menjadi pemicu perubahan tren di dalam suatu negara. Budaya pun menjadi bergeser, baik dalam gaya berpakaian ke gaya hidup yang baru.

Masyarakat yang tinggal di negara yang terbuka sepenuhnya pada arus globalisasi selalu mempunyai ciri pergeseran gaya hidup. Walaupun dalam hal ini sering ditemukan masyarakat yang justru semakin modern dan berkembang dalam pola pikir karena adanya pengaruh dari globalisasi

5. Konflik Antar Negara Semakin Berkurang

Dengan semakin bertambahnya kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya hubungan internasional menyebabkan berkurangnya konflik antar negara. Saat antar negara melakukan hubungan internasional maka terjadilah globalisasi.

6. Sumber Daya Alam Berkurang

Ada beberapa sumber daya alam yang pasti akan mengalami pengurangan pada setiap waktunya. Misalnya minyak bumi dan logam mulia. Hal tersebut membuat beberapa negara berinvasi ke negara lain untuk mengeruk sumber daya di negara tersebut. Contohnya tambang emas Freeport di Papua, Indonesia yang dikeruk oleh negara lain.

Dampak Dari Globalisasi

dampak dari globalisasi
keepsoh.com

Globalisasi memamgn terdengar menjanjikan. Namun globalisasi juga memiliki dampak positif dan juga negatif yang dibawanya. Berikut ini adalah poin-poin mengenai dampak positif dan dampak negatif dari arus globalisasi.

Dampak Positif dari Globalisasi

  • Meningkatkan kualitas hidup dalam sosial dan ekonomi;
  • Memacu peningkatan bidang transportasi, komunikasi, teknologi dan informasi antar negara yang akan memberikan kemudahan bagi setiap individu;
  • Memberikan kemudahan dalam menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Dampak Negatif dari Globalisasi

  • Memiliki potensi merusak lingkungan dan meningkatkan terjadinya polusi udara;
  • Berperan dalam meningkatkan laju kriminalitas dalam hal penyelundupan barang-barang terlarang dan berbahaya;
  • Mempermudahbudaya asing untuk masuk ke dalam negeri yang mengakibatkan pengaruh yang buruk bagi kearifan lokal. Nilai budaya negara dapat tergerus bahkan terlupakan oleh bangsa sendiri.
  • Melunturkan semangat kekeluargaan dan cenderung membentuk karakter individualis, khususnya pada genrasi muda yang berada pada usia yang produktif.

Setelah kita mengetahui dampak-dampak sebagaimana yang telah kita bahas diatas. Kita tentu menyadari pentingnya untuk mem-filter diri dari pengaruh globalisasi. Jangan sampai kita malah terbawa arus globalisasi yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa kita sendiri.

Contoh dan Tanda-tanda dari Globalisasi

Ada beberapa contoh dan tanda-tanda dari globalisasi yang terjadi pada sebuah negara. Beberapa contoh berikut ini mungkin dapat kita kenali terjadi di Indonesia.

1. Pusat Perbelanjaan Modern yang Menjamur

Pusat perbelanjaan yang semakin menjamur seperti mall, minimarket, supermarket bahkan hingga hypermarket. Semua usaha tersebut memang memberikan kemudahan, layanan yang profesional dan kebersihan tempat. Namun, sadarkah kita bahwa pasar modern sudah menggeser posisi pasar tradisional termasuk warung-warung kecil.

Kebiasaan dalam berbelanja di pasar modern pun tanpa sadar akan mengurangi pendapatan pedagang tradisional yang pada umumnya berasal dari kalangan menengah kebawah. Walaupun memudahkan, tapi pasar modern juga memiliki dampak negatif terhadap perekonomian masyarakat marginal.

2. Beredar Luasnya Produk-produk Asing

Jika dulu kita kesulitan dalam menemukan berbagai produk ber-merk asing, kini tidak lagi. Arus globalisasi mempermudah masuknya produk impor ke tanah air. Hasilnya, bisa kita temukan beragam produk buatan luar negeri. Sebut saja mulai dari pakaian, makanan, hingga elektronik dapat kita temukan dengan mudah di tanah air.

3. Efisiensi Tenaga Kerja

Globalisasi juga sudah mengubah wajah dunia kerja di tanah air. Dulu, banyak buruh yang dipekerkajan di berbagai pabrik untuk menangani hal-hal teknis. Namun kini hal tersebut telah banyak berubah. Para buruh didatangkan dari luar negeri dan dipekerjakan di tanah air, sehingga pendapatan buruh Nasional menjadi hilang.

Teknologi yang semakin maju dan masuknya bermacam mesin ke Indonesia, kemudian mengambil lahan kerja para buruh. Dengan begitu pekerjaan teknis mereka pun mulai tergantikan oleh hadirnya mesin yang lebih efisien dan efektif dalam bekerja.

4. Penyebaran Informasi yang Cepat

Teknologi informasi yang saat kini berkembang dengan pesat juga menjadi pendukung penyebaran informasi. Kita dapat menyaksikan kejadian yang baru saja terjadi secara langsung melalui media elektronik dalam tempo yang singkat.

5. Meningkatnya Transaksi Online

Tidak hanya pasar modern berbentuk fisik, pasar online pun semakin ramai dan menjadi pilihan oleh orang banyak. Kemudahan akses dalam melakukan transaksi tanpa harus bersusah payah dan mengorbankan waktu dan juga energi untuk keluar rumah, hal tersebut membuat transaksi online menjadi pilihan bagi banyak orang.

Dampak Globalisasi

Bertumpu pada pengertian globalisasi diatas, globalisasi dapat berdampak langsung bagi kehidupan masyarakat suatu negara secara universal. Dampak globalisasi tersebut bisa berupa positif namun juga bisa negatif.

1. Dampak Positif Globalisasi

Secara singkat, berikut ini adalah beberapa dampak positif globalisasi;

  • Teknologi informasi berkembang dengan sangat pesat
  • Kemudahan dalam mendapatkan kebutuhan dan keperluan pribadi
  • Kemudahan dalam pengembangan ilmu pengetahuan
  • Penyebaran informasi lebih cepat dan mudah didapat
  • Meningkatkan sikap toleran dan cosmopolitan masyarakat dunia
  • Kemudahan dalam berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia
  • Hubungan internasional antar negara semakin baik
  • Kemudahan dalam bertransaksi secara online, baik dalam negeri maupun ke mancanegara
  • Peningkatan hubungan antar negara di sektor ekonomi

2. Dampak Negatif Globalisasi

Secara singkat, berikut ini adalah beberapa dampak negatif globalisasi:

  • Potensi terjadinya kriminalitas semakin meningkat karena meniru peristiwa di negara lain
  • Masuknya paham-paham yang tidak sesuai dengan ideologi negara yang menimbulkan konflik di masyarakat
  • Masyarakat lebih konsumtif ketimbang produktif dan cenderung kehilangan kreativitas di dalam dirinya karena meniru tren di luar negeri
  • Masyarakat terpengaruh budaya negara lain yang tidak sesuai dengan budaya lokal sehingga budaya lokal semakin terkikis
  • Timbulnya berbagai informasi yang tidak akurat bahkan hoax yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat
  • Sebagian masyarakat menjadi lebih tertutup dan berfikiran sempit karena tidak ingin terpapar globalisasi
  • Sebagian masyarakat menjadi lebih individual dan egois
  • Berkurangnya peminat di sektor pertanian karena bidang teknologi dan informasi dianggap lebih potensial
  • Timbulnya kesenjangan sosial di masyarakat karena masyarakat berlomba-lomba untuk memperkaya diri sendiri dan tidak perduli sekitarnya
  • Hilangnya rasa nasionalisme masyarakat karena sering membanding-bandingkan dengan negara lain yang dianggap superior atau lebih baik

Dari penjelasan diatas kita bisa melihat bahwa globalisasi dapat berdampak buruk dan juga berdampak baik untuk masyarakat suatu negara. Untuk menyikapi terjadinya globalisasi, sebaiknya kita harus mempersiapkan diri agar dapat mengambil hal-hal baik dari globalisasi dan membentengi diri agar dapat terhindar atau meminimalisir dampak negatifnya.

Baca Juga: Permainan Tradisional

Sekarang kita telah mengatahui pengertian globalisasi dan dampak hingga contoh-contohnya. Kita pun dapat lebih bijak lagi dalam menyikapi pengaruh dari globalisasi yang dirasakan. Semoga bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Pengertian Globalisasi: Teori, Faktor Penyebab dan Dampak Globalisasi”

Tinggalkan komentar