Mengenal Musim Semi di Jepang, Dengan Menelusuri Suasana Iklim, Wisata Khas Serta Pakaian yang Cocok Digunakan

Di Jepang, musim semi merupakan musim yang sangat ditunggu-tunggu. Pada musim semi terdapat banyak hal yang menarik, seperti bunga sakura dan banyak tumbuhan lainnya yang mulai bersemi, serta banyak makanan yang lezat.

 

pixabay.com

 

Musim semi adalah salah satu dari empat musim di daerah subtropis. Di Jepang Musim semi merupakan musim yang sangat dinanti-nanti. Pada musim semi terdapat banyak hal yang menarik, seperti bunga sakura dan banyak tumbuhan-tumbuhan lain yang mulai bersemi, serta banyak makanan lezat. Selain itu, karena semua aktifitas dimulai pada bulan April, seperti sekolah dan perkantoran, musim semi juga menjadi awal yang baru untuk bertemu dengan kenalan baru. Musim semi memberikan energi baru untuk memulai sesuatu yang baru. Dalam artikel ini, saya telah mengumpulkan beberapa informasi yang bisa berguna bagi Anda yang ingin berlibur ke Jepang selama musim semi.

Suasana Iklim, Daya tarik, dan Makanan Lezat yang Menjadi Ciri Khas di Musim Semi

Pada dasarnya, musim semi di Jepang berlangsung selama 3 bulan, yaitu pada bulan Maret hingga bulan Mei.

  • Suasana Pada Musim Semi

pinterest.com

Memasuki bulan Maret, suhu udara saat musim semi di Tokyo umumnya adalah sekitar 13°C di waktu siang dan 5°C di waktu pagi atau di waktu malam. Memasuki bulan April, suhu akan meningkat menjadi sekitar 18,5° di waktu siang hari dan 10,5°C di waktu pagi atau di waktu malam. Memasuki bulan Mei, suhu akan meningkat menjadi sekitar 23°C di waktu siang dan 15°C di waktu pagi atau di waktu malam.

Pada awal dan pertengahan di musim semi, suhu udara masih rendah dan dingin, seperti disaat salju turun. Namun, saat memasuki pertengahan musim semi, langit akan tampak cerah dan bersih, suhu udara juga mulai naik, sehingga lebih mudah untuk beraktifitas.

  • Daya Tarik Musim Semi

pixabay.com

Mungkin Anda bertanya, “Apa daya tarik musim semi di Jepang?”, ya, daya tariknya terletak pada bunga sakuranya. Bunga berwarna merah muda yang lembut dari pohon-pohon sakura yang ditanam di banyak tempat, seperti di taman, di sisi jalan, di gunung, atau disekitar sungai, semuanya akan mekar secara bersamaan. Setiap tahun, periode mekarnya bunga sakura tergantung pada suhu udara. Namun pada umumnya, bunga sakura di daerah selatan mulai mekar pada bulan Maret dan kemudian diikuti oleh bunga sakura yang berada di daerah di atasnya dan terus sampai ke utara.

septipertiwi.files.wordpress.com

Lebih detail mengenai periode mekarnya bunga sakura, di kota Sapporo, Hokkaido, bunga sakura biasanya mulai bermekaran pada 3 Mei dan puncaknya pada 8 Mei. Di Tokyo sendiri, bunga sakura mulai bermekaran pada 25 Maret dan puncaknya pada 2 April. Di Osaka, bunga sakura mulai bermekaran pada 28 Maret dan puncaknya pada 6 April. Sedangkan di Kyoto, bunga sakura biasanya mulai bermekaran pada 27 Maret dan puncaknya pada 9 April. Karena waktu bunga sakura bermekaran cukup singkat, sebauknya Anda menyusun rencana wisata Anda sambil mencari informasi-informasi mengenai prediksi mekarnya bunga sakura pada tahun tersebut.

http://1.bp.blogspot.com

Tidak hanya saat bunga sakura mekar, Anda juga bisa menikmati kecantikan bunga sakura saat kelopak bunga sakura beterbangan seperti salju yang sedang turun. Selain itu, tidak hanya di waktu siang hari, bunga sakura juga dapat Anda nikmati pada malam hari, atau biasa disebut juga dengan yozakura, yang secara harfiah memiliki arti sakura pada malam hari. Paduan antara warta putih samar-samar dari bunga sakura yang terkena sorotan lampu, dipadu dengan gelapnya langit malam akan memeberikan kesan yang indah dan dapat memanjakan mata Anda, dan sangat sayang untuk Anda lewati.

  • Tradisi Hanami

1.bp.blogspot.com

Sejak zaman dahulu, di Jepang terdapat tradisi untuk menikmati musim semi, yaitu tradisi melihat bunga sakura mulai bermekaran, tradisi ini disebut juga dengan “Hanami”. Di bawah pohon sakura yang teduh, Anda dapat bercengkerama sambil makan bekal dan minum bersama keluarga, teman, maupun rekan kerja Anda.

  • Makanan Lezat Khas Musim Semi

flickr.com

Musim semi merupakan musim dimana tumbuhan bertunas. Banyak tumbuhan-tumbuhan liar yang bisa dimakan, diantaranya, Takeneko (tunas bambu, dikenal juga dengan Rebung), Tara no Me (tunas Japanese Angelica), dan Fuki (tunas tumbuhan terna/tumbuhan berpembuluh), serta bahan makanan musim semi, seperti Na no Hana (sejenis brokoli) dan kubis musim semi, dan itu dapat dinikmati pada musim ini. Rasa pahit dan tekstur yang kasar dari bahan makanan tersebut memiliki manfaat untuk menetralisir racun yang tersimpan selama musim dingin.

Sayori (ikan halfbeak), shirauo (ikan salangidae), wakame (sejenis rumput laut), asari (sejenis kerang), dan  makanan laut lainnya berlimpah, yang juga menjadi tanda datangnya musim semi. Sedangkan Stroberi adalah buah yang menjadi ciri khas musim semi. Buah stroberi di Jepang memiliki kualitas yang terus dikembangkan, serta memiliki jenis yang beragam. Semuanya memiliki rasa manis dan tampilan yang berkilau seperti permata.

  • Buah stroberi di Jepang

http://2.bp.blogspot.com

Pakaian yang Cocok Saat Berwisata ke Jepang pada Musim Semi

http://korea.panduanwisata.id

Karena pada bulan Maret suhu udara masih terasa dingin, sebaiknya Anda menggunakan mantel/jaket yang tebal.

https://4.bp.blogspot.com

Memasuki bulan April, suhu Udara meningkat menjadi hangat. Akan tetapi, jika Anda ingin bepergian pada saat cuaca buruk, angin kencang, atau disaat malam hari, sebaiknya Anda mempersiapkan cardigen/jaket yang hangat untuk dikenakan.

http://cfile24.uf.tistory.com

Pada bulan Mei suhu udara sudah semakin naik dan suhu udara sedikit bertambah hangat, sehingga Anda dapat lebih mudah beraktifitas di luar. Kemeja lengan panjang atau cardigan tipis tentu cocok untuk digunakan pada waktu ini.

Musim semi, terutama pada saat bunga sakura bermekaran. Jadi, musin semi merupakan salah satu musim yang sangat direkomendasikan untuk berwisata ke Jepang, karena saat musin ini Anda dapat menikmati pemandangan khas Jepang yang anggun dan tentunya dengan iklim yang bersahabat. Bila ada waktu, sempatkan diri Anda berkunjung ke Jepang pada musim semi yaa !!

Tinggalkan komentar