Manfaat Mengunyah Permen Karet

Permen karet adalah permen kunyah yang mempunyai ciri khas dapat dibuat mengembangkan gelembung mirip balon. Pada Umumnya permen karet memiliki sifat yang mudah lengket ketika gelembung mengembang mencapai batas tertentu, maka gelembungnya akan pecah dan bisa mengenai wajah.

Meski mengunyah sering dianggap sebagai kebiasaan yang buruk dan sisa permen bisa mengotori lingkungan, mengunyah permen karet ternyata memiliki manfaat, diantaranya :

  • Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

solusisupersukses.com

Sudah banyak penelitian yang telah mengungkapkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan kinerja mental. Mengunyah permen karet dapat meningkatkan kinerja otak, karena aliran darah otak dan denyut jantung akan meningkat, serta meningkatkan pemompaan oksigen. Dengan demikian peredaran oksigen ke otak menjadi lancar, hal itulah yang bisa membuat kita lebih mudah berkonsentrasi. Jadi dengan mengunyah permen karet, stres akan berkurang karena membuat otot yang tegang menjadi rileks serta lebih mudah menyerap dan menyimpan informasi.

  • Meningkatkan Kewaspadaan

youtube.com

Selain tadi meningkatkan daya ingat, ternyata ada juga penelitian yang menyatakan bahwa menguyah permen karet juga akan meningkatkan kewasapadaan seseorang.

Saat mengunyah permen karet, gerakan rahang akan merangsang saraf dan bagian-bagian otak yang berhubungan dengan gairah, selain itu juga akan meningkatkan aliran darah. Hal ini dapat membantu kita lebih waspada dan tetap terjaga lebih lama. Permen karet yang memiliki rasa mint konon bermanfaat khusus untuk meningkatkan kewaspadaan.

  • Melawan Stres dan rasa gelisah

vebma.com

Mengunyah permen karet adalah salah satu cara terbaik untuk melepas kebiasaan yang membuat seseorang gelagapan, daripada menggigit kuku lebih baik mengunyah permen karet.

Biasanya kebiasaan itu disebabkan oleh perasaan stres yang berlebihan. Ternyata mengunyah permen karet dapat menurunkan kadar hormon pemicu stres, yaitu hormon kortisol.

  • Melindungi Gigi

ivorydentaljacksonville.com

Salah satu lembaga kesehatan gigi di Amerika, yaitu American Dental Association merekomendasikan bahwa mengunyah permen karet tanpa rasa mint selama 20 menit sesudah makan terbukti akan mengurangi karang gigi, mengurangi gigi berlubang, melindungi enamel gigi dan menurunkan radang gusi.

Semua itu berdampak dengan meningkatnya aliran ludah yang menurunkan jumlah zat asam di dalam mulut yang dapat menyebabkan pengeroposan gigi. Harus diingat bahwa hanya permen karet tanpa rasa yang disarankan. Permen berperasa dan gula justru akan menambah jumlah zat asam, perlu juga dicari permen karet yang mengandung xylitol karena bisa menurunkan jumlah bakteri yang menyebabkan pengeroposan gigi.

  • Menurunkan Asam refluks dan mulas

zahraherbal.co.id

Asam refluks/Refluks Gastroesofageal adalah pengaliran kembali isi lambung ke dalam kerongkongan. Orang yang mengalami penyakit ini biasanya perutnya akan terasa mulas, hal ini disebabkan oleh katup kerongkongan tidak berfungsi dengan baik.

Bagi orang yang sering mengalami penyakit ini, mengunyah permen karet setelah makan bisa membantu mengurangi asam dalam kerongkongan, karena pada saat mengunyah permen karet, produksi air liur akan meningkat sehingga bisa membersihkan zat asam dengan cepat saat ditelan.

  • Membuat Nafas lebih segar

    smilefreshdentalauburnhills.com

    Dengan mengunyah permen karet otomatis bau mulut akan hilang. Ketika mengunyah permen karet, produksi air liur akan meningkat dan mulut akan menjadi basah. Dengan begitu perkembangan bakteri di mulut terhambat.

    Bakteri tersebut dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Permen karet dengan rasa Cinnamon merupakan permen karet terbaik yang bisa membuat nafas segar.

  • Memperbaiki kebiasaan makan

youtube.com

Salah satu jenis camilan yang rendah kalori adalah permen karet, sehingga baik bagi orang yang sedang menjalani program diet. Dengan mengunyah permen karet, mulut akan sibuk bergerak menguyah, sama halnya ketika mengonsumsi camilan. Secara singkat manfaat permen karet untuk diet merupakan salah satu jenis camilan yang tidak akan menambah berat badan secara signifikan.

  • Membantu usaha untuk berhenti merokok

 

hallosehat.com

Ketika kita mengunyah permen karet, kita tidak hanya akan mengurangi keinginan makan makanan ringan, tapi juga akan mengurangi keinginan untuk mengurangi mengkonsumsi zat stimulan adiktif, seperti kafein dan nikotin. Permen karet bagus bagi yang ingin berhenti merokok atau kebiasaan adiktif lainnya.

  • Meredakan mulut kering

insomniaku.co

Manfaat permen karet tanpa perasa yang behubungan dengan mulut adalah meredakan mulut kering. Mengunyah permen karet tanpa gula dapat merangsang produksi air liur hingga 10 kali lipat. Hal ini tentu akan membantu mulut yang kering dan tidak nyaman menjadi nyaman.

Kurangnya air liur dapat menyebabkan kulit sekitar mulut menjdai kering, Bibir kita mungkin akan menjadi retak, dan luka dapat terbentuk disudut mulut kita. Selain itu, lidah juga dapat terasa kasar dan kering. Kemungkinan lain kita akan kesulitan menelan bahkan berbicara.

 

 

 

 

Tinggalkan komentar