50 Gambar Makhluk Mitologi Jepang Beserta Asal Usulnya

50 Makhluk Mitologi Jepang

Makhluk Mitologi Jepang – Jepang merupakan negara yang memiliki Kepercayaan yang kuat mengenai hal yang ghaib. Kepercayaan ini begitu kental dan menjadi ciri khas dari negara Jepang.

Kepercayaan ini bisa kita lihat dengan begitu banyak makhluk mitologi yang dipercayai oleh sebagian besar masyarakat Jepang.

1. Ashimagari

Makhluk Mitologi Jepang Ashimagari
http://mytwoyenworth.blogspot.co.id

Ashimagari adalah makhluk mitologi jepang yang aktif dimalam hari. Menurut kepercayaan masyarakat jepang, Ashimagari biasanya mengganggu orang-orang yang sedang berjalan di malam hari. Ashimagari akan muncul di depan orang yang sedang berjalan dan ketika orang tersebut menginjakkan kakinya ketubuh Ashimagari, maka kaki orang itu akan sulit dilangkahkan dan kakinya akan diselimuti benda yang mirip seperti kapas yang tebal.

Kaki orang yang menginjak Ashimagari tidak akan lepas hingga ia puas mengganggu orang yang menginjaknya. Ashimagari merupakan siluman yang tidak pernah menyakiti orang lain dan ia sangat senang mengganggu orang yang berada disekitarnya.

2. Akashita

Makhluk Mitologi Akashita
http://gitoku.deviantart.com

Akashita, Makhluk yang lebih mirip dengan monster ini digambarkan dengan sosok yang makhluk yang muncul dari balik awan gelap dibalik pintu air. Nama Akashita berarti “lidah merah”, nama ini diambil dari salah satu pertanda buruk dalam kalender Jepang, yaitu shakko (lidah merah), yang berarti menandakan kesialan dan kekejaman.

Makhluk ini memiliki kesamaan dengan “Shakuketsu-jin” salah satu dewa orang jepang yang juga memiliki lidah berwarna merah. Shakuketsu-jin merupakan dewa yang menjaga gerbang barat. Akashita memiliki bulu disekitar tubuhnya, sehingga kalau diperthatikan akan mirip seperti kera.

3. Amanojaku

Makhluk Mitologi
Amanojaku membawa korban yang ia dapat.

Amanojaku adalah makhluk mitologi jepang yang memiliki kemampuan mempengaruhi pikiran manusia untuk melakukan kejahatan. Amanojaku merupakan setan yang mirip seperti troll yang dikenal dapat menyebabkan keinginan jahat. Makhluk ini tidak pernah meminta manusia untuk melakukan kejahatan, ia ingin manusia melakukan kejahatan yang murni.

Amanojaku tidak meminta manusia melakukan kejahatan secara langsung, melainkan mempengaruhi pikiran dan memangsa semua pikiran jahat yang diciptakan oleh manusia itu sendiri. Makhluk ini dikenal dalam sebuah cerita yang berjudul “Urikohime”, dalam cerita tersebut terdapat Amanojaku mempengaruhi gadis kecil, agar ia dapat memakannya, setelah memakan gadis itu, lalu Amanojaku dapat berubah menjadi gadis yang ia makan.

4. Amefurikozo

Makhluk Mitologi
http://www.deviantart.com/tag/amefurikozou

Amefurikozo memiliki bentuk berupa sosok roh anak kecil yang membawa lampu kertas dan menegenakan payung kuno yang terbuat dari daun jerami. Menurut mitos Jepang, Amefurikozo menampakkan dirinya ketika hujan menjelang senja.

Konon, roh ini merupakan pelayan dari Ushi, salah satu dewa dari legenda china. Berdasarkan legenda dan kepercayaan masyarakat China, Ushi memiliki kekuatan yang bisa menurunkan hujan. Dan Amefurikozo merupakan pelayannya yang sangat menyukai hujan.

5. Ame Onna

Makhluk Mitologi
http://feig.artstation.com

Ame Onna merupakan sosok roh wanita yang menampakkan dirinya dengan tanda turunnya hujan. Makhluk ini diceritakan sama dengan dewi gunung dari legenda China yang kemudian berubah bentuk menjadi awan saat pagi hari dan menjadi hujan saat sore hari.

Para petani sangat bergantung pada kedatangan makhluk ini, karena pada saat makhluk ini datang, hujan akan turun dan air hujan yang turun dapat mengairi sawah para petani. Para petani selalu mengharapkan kedatangan makhluk ini. Makhluk ini lebih dikenal sebagai sosok dewi dibandingkan dengan sosok hantu.

6. Ao bozu

Makhluk Mitologi
flickr.com

Ao bozu memiliki ciri fisik kulit berwarna hijau dan memiliki sosok yang menyerupai biksu, lebih tepatnya biksu yang memiliki kulit berwarna hijau. Makhluk ini memiliki kemiripan dengan Cyclops (Raksasa mitologi Yunani), yang membedakannya warna kulit dan wujudnya yang menyerupai biksu.

Ao bozu diceritakan akan muncul dari balik reimbunan gandum yang masih berwarna hijau atau masih muda.Makhluk ini memiliki sifat yang jahat, karena jika ada anak kecil yang sedang berjalan melewati persawahan gandum akan diculik oleh makhluk ini. Belum diketahui mengapa makhluk ini menculik anak kecil.

7. Ao andon

Makhluk Mitologi
http://yuenny.deviantart.com

Berdasarkan cerita, makhluk ini bermula menampakkan dirinya pada zaman Edo, kegiatan musim panas yang populer dikalangan orang yang suka mengumpulkan dan menceritakan kisah-kisah hantu. Pada masa itu pihak hyakumonogatari dan kandakai melakukan pertemuan.

Pada pertemuan itu seratus lilin akan dinyalakan dan ditempatkan didalam lentera khusus yang memiliki warna biru yang disebut Andon. Sepanjang malam, para tamu yang hadir akan menceritakan cerita yang menakutkan, satu lilin akan padam setiap satu cerita selesai. Menurut mitos, jika lilin yang terakhir padam, hantu nyata kan muncul dari kegelapan, hantu itu bernama Ao andon.

Ao andon merupakan reinkarnasi dari teror manusia, terbentuk dari ketakutan orang banyak, lalu ketakutan ini mengambil bentuk seorang wanita dengan rambut panjang, kulit biru, gigi hitam, tanduk dan cakar yang tajam. Wanita ini memakai kimono putih atau biru dan bersinar dengan cahaya biru.

8. Ao nyobo

Makhluk Mitologi

Dalam cerita lelgenda Jepang, Ao nyobo merupakan sosok hantu wanita yang memiliki gigi hitam, tidak mempunyai alis dan mengenakan kimono kerajaan yang berwarna merah. Ao nyobo dikabarkan suka memakan daginf pria muda yang melewati reruntuhan istana yang ia tinggali.

Ao nyobo adalah seorang bangsawan yang tinggal di istana dan selalu berdandan. Karena senang berdandan, wajahnya dipenuhi oleh bedak, alis palsu dan lipstik. Setelah ia meninggal, wajahnya berubah menjadi keriput dan menjadi sangat menyeramkan.

9. Aosagibi

Makhluk Mitologi
https://www.tumblr.com

Aosagibi merupakan makhluk mitologi Jepang yang memiliki bentuk yang sudah familiar bagi kita. Ia memiliki bentuk seperti burung gagak, akan tetapi burung ini memiliki perbedaan dari burung bisanya dan ciri khas yang sangat menonjol.

Berdasarkan kepercayaan masyarakat Jepang, makhluk ini akan menampakkan dirinya ketika matahari sudah terbenam. Ketika malam hari, makhluk ini bisa dilihat dengan mata telanjang, karena ciri khas yang ia miliki, yaitu matanya yang berwarna merah menyala dan bulunya memancarkan cahaya yang mistis, sehingga kalau dilihat dari kejauhan, akan terlihat seperti bola api.

10. Nekomata

Makhluk Mitologi
https://myth-lord.tumblr.com

Nekomata disebut juga bakeneko, makhluk mitos Jepang yang dipercayai sebagai perkembangan/metamorfosis dari kucing peliharaan. Legenda mengatakan, awalnya nekomata adalah seekor kucing peliharaan yang selalu disiksa oleh pemiliknya.

Semakin lama, tubuh kucing itu bertambah besar dan saat berumur 10 tahun, secara perlahan ekornya tebelah menjadi 2 bagian. Menurut kepercayaan masyarakat Jepang, hal itu diikuti oleh meningkatnya kakuatan sihir si kucing.

11. Bake kujira

Makhluk Mitologi
http://deitiesdaily.tumblr.com

Bake kujira, makhluk mitologi yang tinggal di perairan perfektur Shimane. Makhluk ini memiliki bentuk seperti ikan paus, namun tidak seperti paus biasanya, makhluk ini hanya terdiri dari tulang yang diselimuti gumpalan asap mistis.

Berdasarkan cerita legenda, suatu ketika, makhluk ini muncul dengan dipadu oleh sekumpulan ikan aneh dan kumpulan burung. Beberapa nelayan yang melihat makhluk tersebut melemparkan tombak ke arah makhluk tersebut, tetapi tombak yang dilemparkan tidak berpengaruh sama sekali.

12. Bake Neko

Makhluk Mitologi
http://www.deviantart.com/art/Bakeneko-504566437

Bakeneko memiliki banyak arti, diantaranya kucing setan, kucing hantu, atau kucing monster. Tapi dari beberapa nama tersebut yang paling tepatnya adalah “Kucing yang menyamar”, karena karakteristik dan sifatnya yang suka menyamar.

Menurut legenda, bakeneko mampu menyamar menjadi setengah manusia setengah kucing atau manusia utuh. Sebagian dari bakeneko ada yang dapat berbicara layaknya seperti manusia. Asal mula bakeneko dipercayai berasal dari kebiasan kucing peliharaan yang suka menjilati minyak ikan yang digunakan untuk menyalakan lampu.

Orang yang melihat akan terkejut saat melihat bayangan dari kucing yang berdiri menjilati minyak lampu. Mereka akan menganggap bahwa kucing tersebut berdiri dengan dua kaki ditambah lagi dengan mendengar suara tangisan kucing yang menyerupai manusia, seakan berbicara.

13. Basan

Makhluk Mitologi
http://www.deviantart.com/tag/bakeneko

Basan adalah makhlul yang memiliki fisik yang sangat mirip dengan ayam jago. Diceritakan basan bisa menyemburkan nafas api, tapi hal ini belum diketahui kebenarannya dan belum diketahui apakah makhluk ini berbahaya bagi manusia.

Karena diceritakan bisa menyemburkan nafas api, makhluk ini lebih disebut dengan monster. Pada siang hari makhluk ini berkokok di puncak gunung disekitar perfektur Ehime. Ia bersembunyi diantara hutan bambu disiang hari dan akan berkeliling di daerah sekitar pegunungan pada malam hari dengan mengeluarkan suara aneh yang.

14. Daidarai botchi

Makhluk Mitologi
https://www.pinterest.com

Daidarabotchi adalah makhluk mitos yang memiliki tubuh raksasa, dan disebut-sebut sebagai pemelihara bumi. Menurut mitos, jejak kakinya yang besar bisa membuat danau. Raksasa ini memiliki kekuatan yang sangat besar dan memiliki sifat humoris.

Berdasarkan mitos, ia terkadang menyalah gunakan kekuatan yang ia miliki. Ia menggunakan kekuatannya untuk memindahkan gunug-gunung dan sungai-sungai. Menurut legenda, berat tubuhnya sebanding dengan berat dua gunung dan apabila ia terjatuh tubuhnya mampu membelah gunung menjadi dua.

15. Inugami

Makhluk Mitologi
http://www.deviantart.com/art/Inugami-69632537

Inugami berasal dari 2 kata yaitu Inu, yang berarti anjing dan ditambah dengan huruf kanji Gami yang dalam bahasa Jepang memiliki arti dewa. Inugami termasuk salah salah satu Shikigami, atau roh pelindung pemiliknya untuk membalaskan dendam.

Terdapat banyak versi mengenai Inugami, ada yang menceritakan bahwa Inugami merupakan pembimbing biksu yang bertugas berburu Shinigami. Inugami dibuat melalui cara yan sangat kejam, dengan cara memenggal kepala anjing sambil menyiksanya. Ada juga yang menyebutkan Inugami bisa dibuat dengan cara yang menanam kepala anjing yang sudah dipenggal.

16. Ippon datara

Makhluk Mitologi
http://www.tallon4.com/2015/10/el-yokai-de-la-semana-ippondatara/

Ippon dataru merupakan raksasa yang jarang ditemui oleh manusia karena memiliki sifat pemalu. Yang ditemukan hanya satu baris jejak kaki yang besar, bekelok-kelok melalui pegunungan yang dipenuhi salju di Perfektur Wakanyama.

Ippon datara dianggap memiliki ciri yang mirip manusia, tetapi dengan badan yang besar dan ada juga yang menganggap seperti binatang yang memiliki satu kaki dan satu mata. Dikabarkan juga bahwa Ippon datara adalah pandai besi, atau juga mungkin hantu.

17. Isonade

Makhluk Mitologi
http://www.deviantart.com

Makhluk mitologi Jepang yang selanjutnya adalah Isonade, makhluk yang memiliki bentuk seperti ikan hiu dengan tanduk dan memiliki 3 buah ekor dan 3 buah sirip, ia sanggup mengendalikan air sesuai keinginannya. Dia juga sering menyerangi kapal-kapal yang berlayar di lautan.

Berdasarkan cerita, isonade pertama kali ditemukan di peraian Yamagawa, ia hidup di kedalaman perairan Jepang bagian barat. Isonade akan keluar setiap beberapa bulan untuk menghirup udara. Ketika ia melakukan hal tersebut, badai dan ombak akan terjadi akibat dampaknya.

18. Itsumaden

Makhluk Mitologi
clytemnon.deviantart.com/art/OkamiContest-3-Itsumaden-birds-83678335

Berdasarkan sejarah, pada tahun 1334 di musim gugur, roh burung yang mengganggu muncul di langit malam. Burung itu mengeluarkan nafas api dan mengeluarkan suara yang menakutkan. Para bangsawan pengadilan terganggu akibat kedatangan burung itu.

Bangsawan tersebut memanggil ahli panah untuk memanah burung itu. Ketika anak panah mengenai burung itu dan berhasil menjatuhkannnya. Saat ditelusuri, ternyata itsumaden memiliki bentuk yang sangat menyeramkan, wajah menyerupai manusia, cakar seperti belati dan lebar sayap sebesar 5 meter.

19. Ittan momen

Makhluk Mitologi
http://pyroraptor42.deviantart.com

Kalau dilihat dari bentuknya, Ittan momen terlihat tidak berbahaya. Ittan momen memiliki bentuk seperti kain yang panjang mencapai 33 kaki. Kenyataannya makhluk ini sangat berbahaya jika kita telusuri lebih jauh, ia sangat senang membahayakan nyawa orang.

Makhluk ini memang kelihatan tidak menakutkan, tetapi jika ia melakukan kejahatan akan terlihat menakutkan. Mereka membungkus kepala orang dan meremukkan tengkorang orang yang ia bungkus sampai mati. Walaupun begitu, ia akan merasa senang jika ada orang yang memberikan kepercayaan kepadanya.

20. Me kurabe

Makhluk Mitologi
http://yokai.wikia.com/wiki/%EF%BB%BFMe-Kurabe

Me kurabe merupakan makhluk mitologi yang menghantui Kiyomori, pemimpin yang kejam dari kaln Taira, ia adalah tokoh yang terkenal dalam sejarah Jepang. Ditakan, diakhir hidupnya ia menjadi gila dan sering dikunjungi oleh makhluk-makhluk gahib.

Saat Kiyomori memandangi halamannya, ia terkejut ketika melihat halamannya dipenuhi oleh kumpulan tengkoran manusia yang hidup. Ia berkeliling mencari manusia yang masih hidup, Kemudian tengkorak itu bertumpuk membentuk gunung, dan semuanya memandang ke Kiyomori.

21. Noppera bo

Makhluk Mitologi
http://www.tuul.tv

Noppera Bo memiliki bentuk yang sama seperti manusia, akan tetapi ia tidak memiliki hidung, mulut dan mata. Bisa dikatakan ia memiliki wajah datar. Ia memilki tingkah laku yang buruk, suka mengganggu manusia namun tidak membahayakan.

Menurut legenda, Noppera bo mucul dimalam hari, ia berniat mengganggu manusia yang berjalan sendirian di jalan. Ia sering menyamar menjadi pria atau wanita dengan menghadapkan punggungnya ke belakang dan saat orang yang sedang berjalan menghampirinya, ia langsung melihatkan mukanya yang mengerikan.

22. Nue

Makhluk Mitologi
https://id.pinterest.com

Nue adalah makhluk mitologi berkepala monyet , memiliki badan menyerupa harimau, ekor ular dan beracun. Ia dianggap sebagai penyebab terjadinya kejadian buruk jika bertemu dengan makhluk ini, Nue disebut juga dapat menyebabkan orang menderita penyakit.

Legenda Mengenai Nue dapat kita lihat kembali pada tahun 1153, pada saat itu Minamoto No yorimasa, salah satu prajurit Jepang, dianugerahi pedang katana kerana ia berhasil menebas kepala Ne, hal ini dianggap telah menghin kaisar, kini pedang tersebut dapat kita lihat di Museum Nasional Tokyo.

23. Kasa obake

Makhluk mitologi
http://www.enisaurus.com

Kasa  obake merupaka salah satu makhluk mitologi jepang yang sangat populer. Makhluk ini berwujud seperti payung, ia memilki satu mata dan satu kaki. Dalam mitologi Jepang jika benda yang sudah lama didiami dan tidak dipakai oleh pemiliknya, benda tersebut akan didiami oleh roh halus.

Kasa obake tidak berbahay bagi manusia, ia lebih senang mengganggu manusia. Bahkan ia sangat senang menghabiskan waktunya untuk bermain besama anak-anak. Mata yang besar dan memiliki satu kaki, apalagi berbentuk payung, mungkin itu hal yang aneh bagi kita.

24. Jorogumo

Makhluk Mitologi
http://fieldnotes-steve.blogspot.co.id

Jorogumi adalah makhluk mitologi yang memiliki bentuk seperti laba-laba, dan ada yang menyebutkan seperti laba-laba berbadan manusia. Ia memiliki tubuh sebesar manusia dan tubuh bagian bawahnya adalah laba-laba, ia suka menggoda pria untuk dimangsa.

Salah satu mitos menceritakan bahwa jorogumo kadang-kadang muncul sebagai wanita yang sedang menggendong bayi, dan jika ada pria yang lewat, ia akan langsung menahannya. Dan saat pria itu berhasil ditahannya, ia akan merubah bayi tersebut menjadi telur laba-laba.

25. Nuppeppo

Makhluk Mitologi
http://deitiesdaily.tumblr.com

Nuppeppo merupakan yokai yang bersifat pasif dan tidak berbahaya bagi manusia. Aka tetapi ia memiliki bau yang sangat memuakkan seperti bau badan dan bau darah yang sudah busuk. Teori lain mengatakan bahwa nuppeppo adalah jasad yang sudah busuk.

Nuppeppo sering ditemukan bergentayangan di daratan yang berpasir di sekitar pedesaan. Ia sering ditemukan berjalan sendiri dan kadang juga berjalan secara bergerombolan. Ia berjalan lambat di malam hari di daratan yang berpasir yang dekat dengan kuburan atau kuil kosong.

26. Ushi Oni

Makhluk Mitologi
http://www.elfwood.com

Ushi one merupakan monster yang berasal dari Jepang bagian barat. Mereka suka hidup di daerah yang banyak mengandung air. Ushi oni merupakan makhluk yang berbentuk penggabugan antara laba-laba dan banteng. Kepala banteng dan badan laba-laba.

Ushi oni adalah makhluk yang kasar dan jahat. nafasyna mengandung racun, makanan yang ia sukai adalah manusia. Ia memasuki wilayah yang dipenuhi oleh manusia lalu menyerang dan membunuh lalu memakannya. Ia suka menyerang dan menghancurkan satu desa secara terus menerus.

27. Kitsune

Makhluk Mitologi
vampirediaries.wikia.com/wiki/Kitsune

Kitsune merupakan makhluk mitologi berbentuk rubah, ada juga yang menyebutkan bahwa ia merupakan kyuubi. Ia memiliki ekor sembilan dan juga bisa berubah wujud menjadi manusia. Ia lebih suka berubah menjado wanita yang cantik.

Kemampuan lain yang dimiliki Kitsune adalah merasuki tubuh manusia. Jika seseorang dirasuki oleh kitsune, manusia itu bisa bersifat seperti rubah, sering berteriak, tidur di jalan dan menyalak layaknya rubah yang sedang marah. Kisah kitsune hingga kini masih populer.

28. Tengu

Makhluk Mitologi
http://okami.wikia.com/wiki/Great_Tengu

Tengu memiliki arti “Anjing langit”. Berdasarkan mitologi China, makhluk ini memiliki tempat tinggal tersendiri yang bernama Tien Kou. Secara umum, Tengu memiliki dua bentuk fisik, yang pertama memiliki kepala dan paruh seperti burung gagak.

Kedua memiliki bentuk seperti manusia, tetapi memiliki sayap dan hidung yang menyerupai paruh burung. Menurut legenda Jepang, Saat prajurit Jepang yang bernama Minamoto ni Yoshitsune pada tahun 1159-1189 pernah berlatih pedang dengan raja Tengu Soujoubou di dekat Kuramadera.

29. Kappa

Makhluk Mitologi
https://tokyo5.wordpress.com

Dalam mitologi Jepang, Kappa merupakan salah satu yokai yang meninggali sungai. Kappa juga memiliki nama lain, yaitu Kawataro, Kawako dan Komahiki. Berdasarkan kepercayaan shinto, Kappa merupakan salah satu dewa air yang mengatur kehidupan di sungai.

Kappa digambarkan sebagi makhluk yang menyerupai manusia yang mirip seperti katak. Mereka memiliki warna yang bermacam-macam, mulai dari hijau, biru dan kuning. Ia memiliki selaput di tangan dan kakinya, mirip seperti katak, ada yang menyebutkan bahwa bau mereka seprti ikan.

30. Kodama

Makhluk Mitologi
Youtube.com

Kodama merupakan makhluk mitos sejenis yokai yang memiliki fisik mirip dengan manusia. Kodama merupakan yokai pohon, disebut seperti itu karena ia bertugas melindungi pohon. Kodama akan membalas dendam kepada orang yang menebang pohon sembarangan dan tidak bertanggung jawab.

Kodama termasuk yokai yang baik, mereka suka berbagi ilmu pengetahuan, menjaga lingkungan dan beruat kebajikan. Gimana? Kalau semua makhluk mitos seperti ini, pasti tidak akan terjadi yang namanya kejahatan, dunia pasti akan damai dan terjaga.

31. Makura Gaeshi

Makhluk Mitologi
http://parascifi.com

Makura Gaeshi berasal dari 2 kata, “Makura” berarti bantal dan “Kaeshi” berarti membalik. Sesuai dengan namanya, makura gaeshi suka menngganggu manusia yang sedang tidur dengan memindahkan bantal ke kaki. Menurut mitos, makura gaeshi juga menindih orang yang ia ganggu.

Makura gaeshi terkadang suka mengotori tempat yang ia kunjungi dengan melangkah ke tempat yang kotor, lalu ia menginjakkan kakinya ke kasur yang bersih. Makhluk ini tidak berbahaya, tapi ia memiliki sifat yang sangat usil dan selalu mengganggu.

32. Kyuubi No Yoko

Makhluk Mitologi
http://www.deviantart.com

Kyuubi adalah Bijuu dengan bentuk rubah yang memiliki ekor sembilan. Bagi kalian yang suka dengan cerita Naruto pasti tidak asing lagi dengan makhluk ini. Kyuubi merupakan makhluk yang berada didalam tubuh naruto dan merupakan bjuu terkuat diantara semua bijuu.

Kekuatan yang ia miliki berasal dari segel api miliknya. Berdasarkan legenda, ia pernah beratrung melawan Yamat no Orochi selama 100 tahun, saat itu segel miliknya menjadi lemah, tapi Kyuubi masih bisa bertahan. Dia memiliki otak yang licik dan cerdas. Di suatu tempat Kyuubi selalu membunuh orang-orang yang ada di jalannya.

 

 

 

33. Yamata no Orochi

Makhluk Mitologi
rtstain.deviantart.com

Yamata no Orochi adalah seekor naga yang memilki delapan kepala, delapan ekor dan tubuh yang panjang. Bagi kalian yang suka dengan anime Naruto pasti mengetahuninya. Diceritakan, Susanoo salah satu anak dari Izanagi, turun dari puncak gunung Torikami dan ia bertemu dengan pasangan tua.

Pasangan tua tersebut bernama, Ashinuzachi dan Tenazuchi, mereka menceritakan bahwa Yamata no Orochi datang untuk memakan anak-anaknya. Demi menyelamatkan anak pasangan tua tersebut, Susanoo memerintahkan pasangan itu meramu sake. Hal itu dilakukan untuk memancing Yamata no Orochi.

Akhirnya umpan tersebut berhasil memancing Yamata no Orochi. Akan tetapi pedang yang digunakan Susanoo tertancap ke tubuh Yamata no Orochi dan memberikan kekuatan kepadanya, setelah menang Susanoo mencabut pedangnya, dan pedang tersebut menjelma menjadi pedang sakti yang bernama Kusanagi.

34. Namazu gami

Makhluk Mitologi
http://nydamprintsblackandwhite.blogspot.co.id

Pada zaman dahulu bangsa Jepang mempercayai bahwa gempa disebabkan oleh dewa lele yang memiliki ukuran yang sangat besar. Lele ini merupakan binatang peliharaan dan diawasi oleh Dewa Kashima, disaat dewa Kashima sedang lengah, Namazu meronta dan mencoba untuk melepaskan diri dan mengakibatkan gempa bumi.

Sekitar tahun 1855, di Edo (Kini Tokyo), gempa besar terjadi dan dipercayai disebabkan oleh Namazu. Namazu dipuja sebagai Dewa perbaikan. Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa kumis ikan lele jepang dapat mendeteksi getaran sebelum gempa terjadi.

35. Komainu

Makhluk Mitologi
http://www.everystockphoto.com

Komainu biasanya tidak selalu terbuat dari batu, ia merupakan penjaga disetiap sisi pintu masuk ke kuil shinto dan memiliki tugas yang sangat banyak. Ia selalu dibuat berpasangan, dimana setiap patung memiliki perbedaan, yang satu mulutnya terbuka dan satunya lagi tertutup.

Hal itu memiliki arti, dimana mulut yang terbuka seperti menyebut huruf “A” dan mulut yang tertutup seperti menyebut “Um”, jika digabungkan akan terdengar seperti “Om”, dalam bahasa sansekerta “Om” memiliki arti awal dan akhir. Hal itu bisa diartikan bahwa setiap kehidupan pasti akan ada kematian.

36. Oni

Makhluk Mitologi
http://bloody-disgusting.com

Oni memiliki arti “Arwah orang yang meninggal”, Ia merupakan makhluk yang kuat, dipercayai memilki kekuatan supranatural. Ia datang dari dunia ghaib sebagai pertanda datangnya bencana. Dan dipercaya ia memiliki kekuatan baik dan juga jahat.

Sebagian orang menjadikannya objek pemujaan dan sekaligus dihindari. Oni digambarkan memiliki mata yang besar, memiliki dua tanduk, berambut gondrong, mulutnya dipenuhi gigi taring, kukunya berwarna hitam, pakaian yang ia kenakan hanya sepotong kain dari kulit harimau dan membawa senjata yang disebut kanebo, yang berbentuk sperti gada yang memiliki duri yang tajam.

37. Ikuchi

Makhluk Mitologi
http://pre05.deviantart.net

Ikuchi adalah makhluk mitos Jepang yang menurut versi legenda makhluk ini mirip dengan belut, tubuhnya panjang dan tidak terlalu besar, panjangnya bisa mencapai ribuan meter. Jika ia melewati sebuah perahu kecil, waktu yang dihabiskan bisa mencapai 2-3 hari untuk selesai melewati perahu tersebut.

Tubuh Ikuchi bisa mengeluarkan minyak yang bisa melelehkan benda yang ada disekitarnya. Jadi jika ia melewati perahu dan nelayan yang tidak mengetahui bahwa air laut sudah tercampur dengan minyak dari ikuchi, maka orang tersebut akan meleleh.

38. Abura sumashi

Makhluk Mitologi
https://www.redbubble.com/people/jordanlewerissa/works/13939102-abura-sumashi?p=tote-bag

Makhluk ini merupakan yokai asli Jepang, ia berasala dari daerah Kumamoto. Ia terlihat seperti manusia berfisik kecil dengan kepala yang bisa dibilang jelek yang menyerupai kentang/batu. Ia mengenakan jashujan dari anyaman jerami. Ia sangat jarang ditemui, hanya ditemukan di pegunungan atau di sepanjang gunung bagian selatan Jepang.

Perilaku dari Abura Sumashi sangat sedikit yang mengetahui, karena kebiasaannya yang tertutup dan jarang ditemui. Terkadang ia muncul di hadapan para wisatawan, tetapi hanya dengan waktu yang singkat. Namanya berarti “Pemeras minyak”, karena kebiasaannya suka memeras minyak teh.

39. Yuki Onna

Makhluk Mitologi
http://www.zerochan.net

Nama Yuki Onna memiliki arti “Wanita salju”, ia akan muncul saat badai salju terjadi, berdasarkan cerita yang berkembang, ia berupa wanita yang cantik, meiliki kulit yang putih pucat menyerupai salju, rambut yang hitam dan memakai kimono serba putih.

Yuki onna memiliki sifat yang ramah, dengan senang hati ia akan membantu pria yang membutuhkan pertolongan saat terjadi hujan salju yang lebat. Bahkan ada yang menceritakan ia akan menggoda pria untuk membunuhnya, dan membekukan seluruh isi rumah dan orang yang tinggal.

40. Houou

Makhluk Mitologi
http://forums.dirtybomb.com

Houou merupakan makhluk yang memiliki bentuk berupa burung. Houou di China disebut juga dengan Phoenix, karena memiliki kesamaan. Houou adalah makhluk yang mencintai kedamaian, mereka tidak pernah mengganggu makhluk hidup lainnya.

Mereka suka memakan bibit bambu. Bentuk indah makhluk ini terlihat pada ekornya. Ekornya memiliki lima warna yaitu putih, merah, hitam, biru dan kuning, warna tersebut melambangkan kayu, metal, air, dan bumi. Houou digambarkan sangat jarang menampakkan dirinya, ia hanya muncul di daerah yang damai.

41. Maneki Neko

Makhluk Mitologi
https://commons.wikimedia.org

Maneki Neko secara harfiah memiliki arti “Kucing yang memanggil”, masyarakat mempercayai maneki neko adalah simbol dari keberuntungan dan keberuntungan. Maneki neko sebenarnya adalah kucing yang memiliki telapak dan cakar yang dibesarkan, hal ini diartikan mereka mengajak tos.

Dalam kebudayaan Jepang, jika mereka memasang maneki neko dirumah atau ditempat mereka usaha, hal itu dapat mendatangkan keberuntungan. Ada legenda yang menceritakan bahwa maneki neko merupakan kucing pendeta miskin.

42. Sachihoko

Makhluk Mitologi
https://sanadaclan.wordpress.com

Sachihoko digambarkan seperti singa/harimau berbadan ikan, atau ikan berkepala singa/harimau. Masyarakat Jepang mempercayai bahwa sachihoko bisa mendatangkan/menurunkan hujan dengan memasangkan ornamen sachihoko di beberapa kastil.

Hal itu bertujuan untuk melindungi tempat-tempat tersebut dari api. Sachi memiliki arti Paus pembunuh (Killer Whale). Ada beberapa teori yang menyatakan bahwa shachihoko dan cetaceans (Keluarga ikan paus) memiliki kesamaan yang banyak.

43. Genbu

Makhluk Mitologi
http://www.deviantart.com/tag/genbu

Genbu digambarkan seperti kura-kura yang memiliki ekor ular. Menurut legenda, genbu adalah penjaga dari wulayah utara. Genbu memiliki kekuatan untuk mengontrol elemen tanah. Nama Chinanya terdiri dari Xuan “Kabur” dan Wu “Pejuang”, dilihat dari cangkangnya baju besinya. Genbu disebut juga dengan “Kura-kura ular”.

Genbu adalah binatang suci zaman dahulu yang biasa disebut juga dengan “Penyu hitam”. Genbu berasal dari Utara dan menjaganya, terutama di perairan. Wujud genbu ada yang menggambarkan berupa kura-kura jantan yang bergabung dengan ular betina.

44. Kirin

Makhluk Mitologi
http://konekonoarashi.deviantart.com

Kirin merupakan makhluk mistis yang banyak muncul dalam kebudayaan Asia timur. Makhluk ini dikatakan muncul bersamaan dengan turunnya sage. Kirin memiliki sifat yang lembut dan menjadi ganas apabila ada orang yang berbuat dosa.

Ketika ia marah, ia akan menyemburkan bola-bola api dan ia akan menunjukkan kemarahannya yang sangat menakutkan. Beberapa legenda mengatakan kirin merupakan makhluk peliharaan suci milik dewa. Di Jepang, kirin merupakan makhluk terkuat.

45. Yatagarasu

Makhluk Mitologi
http://www.greenshinto.com

Dalam mitologi Jepang, Yatagarasu memiliki sosok seekor burung gagak yang kemunculannya disertai kehendak surga atau ada campur tangan dewa dalam permasalahan manusia. Walaupun tidak ada keterangan pasti, yatagarasu merupakan penjelmaan Taketsumini do Mikoto.

Yatagarashu merupakan hewan peliharaan dewa Amaterasu, dewa matahari. Dalam dokumen kuno berjudul Nihon shoki, yatagarashu memiliki tugas menjaga matahari. Dalam tugasnya mengawal kaisar Jimmu, ia memiliki peran penting dalam memberi arahan kepada kaisar dan pasukannya.

46. Katakirauwa

Makhluk Mitologi
http://eirikrjs.tumblr.com

Katakirauwa merupakan salah satu makhluk mitologi Jepang yang mampu berlari dengan cepat. Ia memiliki bentuk seperti babi, konon ia bisa mengambil jiwa orang yang tinggal sendirian, karena ia bisa merasakan jiwa orang yang sendirian.

Katakirauwa tidak memiliki cakar atau taring yang tajam, tetapi ia dipercayai oleh masyarakat dahulu bisa menghisap jiwa orang yang ia temui, lalu ia akan berjalan diantara kaki orang yang ia incar. Ketika orang yang berhasil ia lewati akan kehilangan nyawa.

47. Akkorokamui

Makhluk Mitologi
http://scarlettfu.artstation.com

Di Eropa, Akkorokamui dikenal dengan nama kraken, makhluk mitos yang memiliki rupa seperti gurita rakasasa ini suka mengakibatkan bahaya di laut. Makhluk ini selalu mengganggu para nelayan yang sedang menangkap ikan pada malam hari.

Makhluk ini hidup di kedalaman laut

48. Gashadokuro

Makhluk Mitologi
http://nurarihyonnomago.wikia.com

Nama lain dari Gashadokuro adalah Odokuro, makhluk mitologi berupa tengkorak raksasa yang hidup. Menurut Kepercayaan masyarakat Jepang, Gashadokuro terbentu dari kumpulan tulang belulang orang yang mati karena kelaparan.

Menurut cerita rakyat, Gashadokuro memburu manusia pada malam hari dengan bergentayangan di jalanan, jika ia menemukan manusia ia akan menangkapnya lalu memakan kepala manusia yang ia tangkap. Gashadokuro memiliki bola mata yang tidak terikat pada tulang mata.

49. Shuten doji

Makhluk Mitologi
http://www.zerochan.net

Menurut legenda jepang, shuten doji sering disebut sebagai orang terkuat di Jepang. Ia lahir di Ganbara, daerah yang terletak di Provinsi Echigo. Banyak sumber lain yang menyebutkan bahwa shuten doji berasal dari daerah lain, seperti di dasar Guning Ibuki.

Shuten doji merupakan keturunan dari Yamata no orochi. Shuten doji melakukan perjalanan ke Kyoto, ia memiliki banyak anak buah. Tujuannya ke Kyoto untuk menculik anak perempuan dari keluarga bangsawan dan memakannya mentah-mentah.

50. Mikoshi Nyudo

Makhluk Mitologi
https://id.pinterest.com

Mikoshi nyudo adalah makhluk mitologi Jepang yang memiliki bentuk mirip seperti manusia. Ia berupa biarawan/pendeta yang berkeliaran pada malam hari. Biasanya ia sering mengunjungi daerah yang tenang, karena disana ia bisa mencuri anak manusia tanpa ada yang mengetahui.

Menurut Mitos, jika bertemu dengan mikoshi nyudo, jangan coba menyerangnya. Saat melihat ke dalam matanya, lehernya akan memanjang. Semakin tinggi kita menatap matanya maka semakin tinggi lehernya akan tumbuh, sehingga kita akan terjatuh karena terlalu tinggi menatapnya.

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar