Manfaat dan Keutamaan Do’a Nurbuat Serta Hakikat Kesesatannya

Keutamaan Do’a Nurbuat – Dalam kehidupan manusia pasti akan mendapatkan permasalahan yang selalu hadir dalam keseharian dan aktivitasnya. Masalah itu semakin lama semakin berkembang seiring bertambahnya umur. Jika hidup ini tidak diikuti dengan ibadah, maka permasalahan tersebut akan terasa berat.

Sebagai muslim yang baik, sejak kecil kita tentu sudah diajarkan cara beribadah yang baik, termasuk berdo’a kepada Allah. Dari semua do’a yang telah dipelajari, ada salah satu do’a yang kebanyakan orang membacanya agar mendapatkan keberkahan, yaitu do’a nurbuat.

Bacaan Do’a Nurbuat

اَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ ، وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ ، وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ ، وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّآمَّاتِ ، وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ ، عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ اَنْفُسِ الْحَقِّ ، عَيْنِ الْقُدْرَةِ والنَّاظِرِيْنَ ، وَعَيْنِ الْاِنْسِ وَالْجِنِّ ، وَاِنْ يَّكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَيُزْ لِقُوْنَكَ بِاَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُوْلُوْنَ اِنَّهُ لَمَجْنُوْنَ ، وَمَا هُوَ اِلاَّ ذِكْرٌ لِلْعَالَمِيْنَ ، وَمُسْتَجَابُ لُقْمَانَ الْحَكِيْمِ ، وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَوُدَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ الْوَدُوْدُ ذُو الْعَرْشِ الْمَجِيْدِ ، طَوِّلْ عُمْرِيْ ، وَصَحِّحْ اَجْسَادِيْ ، وَاقْضِ حَاجَتِيْ ، وَاَكْثِرْ اَمْوَالِيْ وَاَوْلَادِيْ ، وَحَبِّبْ لِلنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ ، وَتَبَاعَدِ الْعَدَاوَةَ كُلَّهَا مِنْ بَنِيْ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ ، مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَي الْكَافِرِيْنَ ، وَقُلْ جَآءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ ، اِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوْقًا ، وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَاهُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ ، وَلَايَزِيْدُ الظَّالِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ ، وَسَلَامٌ عَلَي الْمُرْسَلِيْنَ ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya :

“Yaa Allah, Zat Yang Maha Memiliki Kekuasaan Yang Agung, yang memiliki anugerah yang dahulu, memiliki wajah yang mulia, menguasai kalimat yang sempurna dan do’a-do’a yang mustajab, penanggung Hasan dan Husain dari jiwa-jiwa yang haq, dari pandangan mata yang memandang dari pandangan mata manusia dan jin.

Dan sesungguhnya orang-orang kafir benar-benar akan menggelincirkan kamu melalui pandangan mereka, ketika mereka mendengar Al-qur’an dan mereka berkata: “Sesungguhnya ia (Muhammad) benar-benar orang gila”, dan tidaklah ada semua melainkan peringatan bagi seluruh alam. Allah yang mengabulkan do’a Luqmanul Hakim dan mewariskan Sulaiman bin Daud a.s Allah adalah Zat Yang Maha Pengasih lagi memiliki singgasana yang mulia, panjangkanlah umurku, sehatkanlah jasadku, kabulkanlah hajatku, perbanyakkanlah hartaku dan anakku, cintailah semua manusia, dan jauhkanlah permusuhan dari anak cucu Nabi Adam a.s, orang-orang yang masih hidup dan semoga ancaman siksa bagi orang-orang kafir. Dan katakanlah: “Yang haq sudah datang dan yang bathil sudah musnah, sesungguhnya perkara yang bathil itu pasti musnah.”

Dan kami turunkan dari Al-qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-qur’an tidak akan menambah kepada orang-orang yang berbuat aniaya melainkan hanya kerugian. Maha Suci Allah Tuhanmu Tuhan Yang Maha Mulia dari sifat-sifat yang diberikan oleh orang kafir. Dan semoga keselamatan bagi para Rasul. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.”

Pengertian Do’a Nurbuat

Do’a nubuat pada dasarnya berasal dari bahasa bahasa arab nurun nubuwah (cahaya kenabian). Beberapa orang mengatakan bahwa do’a ini berasal dari Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasallam yang diajarkan oleh malaikat Jibril.

Do’a nurbuat hingga saat ini begitu terasa sangat menakjubkan bagi yang mengamalkannya dengan ikhlas karena Allah. Keutamaan do’a nurbuat yang dapat dirasakan sudah banyak memberikan ketenangan bagi yang mengamalkannya.

Keutamaan Do’a Nurbuat

1. Hajatnya akan segera terlaksana atas izin Allah.

2. Dosa dapat terampuni.

3. Disayangi musuh, jika dibaca ketika keluar.

4. Menjaga rumah dari gangguan jin, santet, sihir dan bahaya.

5. Memperoleh kesejahteraan di dunia dan akhirat, jika dibaca setiap hari.

6. Menghindari diri dari kekufuran dan maksiat, jika dibaca 50 kali setiap malam jum’at.

7. Bisa membuat kita melihat hal-hal indah, jika dibaca 100 kali setiap malam.

8. Membuat awet, jika dibaca pada malam minggu.

9. Mendapatkan keselamatan dalam hidup, jika dibaca setiap hari.

10. Membuat tubuh menjadi kuat, jika dibaca setiap malam.

11. Membuat gigi kuat, jika dibaca setiap malam.

12. Membuat wajah lebih tampan dan cantik.

13. Dapat mempertemukan kita dengan nabi dalam mimpi, jika dibaca 100 kali sebelum tidur.

14. Menyembuhkan segala penyakit, bacalah do’a nurbuat pada minyak (minyak kelapa, minyak wijen atau sawit), kemudian usapkan pada tempat yang sakit, dengan izin Allah penyakit akan sembuh.

15. Memudahkan wanita yang bersalin ketika sulit melahirkan, bacakan do’a nurbuat pada pinggang atau wajan putih berisi air, lalu diminumkan pada ibu yang akan melahirkan.

16. Dapat menyembuhkan sakit pada mata, dibaca lalu ditiupkan pada mata yang sakit.

17. Mendapatkan kemuliaan di lingkungan masyarakat sekitar, jika do’a ini dibaca secara rutin setiap hari.

18. Dapat melenyapkan amarah, jika ada orang yang sedang bertengkar, dan kita ingin melerainya maka bacalah do’a nurbuat. Insya Allah orang yang bertengkar akan berhenti.

Hakikat Kesesatan Do’a Nurbuat

Sebelum kita mengamalkan do’a nurbuat sebaiknya kita memperhatikan apakah baik atau tidak untuk diamalkan. Karena ada sebagian kalangan yang berpendapat bahwa do’a nurbuat banyak kekeliruan, diantaranya:

1. Kesalahan dalam tata bahasa.

2. Susunan kalimat tidak sistematis dan tidak ada kaitannya.

Pada bagian awal do’a, isinya memuji Allah, lalu tiba-tiba dikutip ayat:

وَإِن يَكَادُ الذِّينَ كَفَرُوا لَيُزْلِقُونَكَ بِأَبصَارِهِم

“Hampir saja orang-orang kafir menjatuhkamu dengan pandangan mata mereka.”

Ayat ini menceritakan sikap orang kafir yang hendak menyerang Nabi Shalallahu’alaihi Wasalam dengan penyakit ‘ain. Sehingga mereka bisa saja membunuh Nabi Shalallahu’alaihi Wasallam dari jauh.

3. Isi permintaannya tidak tepat.

Dalam do’a tersebut terdapat permintaan untuk memanjangkan umur. Sedangkan umur secara mutlak bukanlah sifat yang terpuji. Karena umur panjang tersebut belum tentu berkah. Lebih baik meminta keberkahan umur daripada umur panjang. Sebagaimana halnya yang dilakukan Nabi Shalallahu’alaihi Wasalam saat mendo’akan Anas bin Malik:

“Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya, serta berkahilah apa yang telah engkau karuniakan kepadanya.” (H.R Bukhari dan Muslim)

Nabi tidak berdo’a secara mutlak, tapi beliau mengirinya dengan do’a keberkahan.

4. Keutamaan yang telalu berlebihan.

Para pembaca do’a ini menceritakan bahwa do’a nurbuat ini memiliki banyak keutamaan. Akan tetapi, kebanyakan dari keutamaan tersebut hanya terkait kesenangan pada dunia. Padahal do’a yang diajarkan syari’at lebih banyak pada akhirat.

Walaupun isinya memohon kebaikan dunia, pasti harus diiringi dengan permohonan kebaikan akhirat. Diantara keutamaan do’a nurbuat yang aneh, yaitu:

1. Bisa bertemu dengan Jin, dapat merubah rupa/bentuk.

2. Bisa disayangi oleh musuh, jika dibaca ketika keluar rumah.

3. Bisa menjadi penjaga rumah dari gangguan-gangguan jin, sihir, santet dan bahaya-bahaya lainnya, jika ditulis dan disimpan di dalam rumah.

4. Bisa memperlihatkan hal-hal yang indah, jika dibaca 100 kali pada malam sabtu.

5. Bisa awet muda jika dibaca setiap malam minggu.

6. Bisa menjadikan wajah kelihatan lebih cantik/tampan jika dibaca setiap malam kamis.

7. Dan masih banyak keutamaan lainnya yang bersifat cinta kepada dunia.

Dari pembahasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa tidak akan mungkin do’a nurbuat berasal dari ajaran Nabi Shalallahu’alaihi Wasallam. Oleh karena itu, tidak selayaknya kita membaca atau mengamalkannya.

Allahu a’lam

 

Tinggalkan komentar