Cara Mengatasi Jenuh dan Bosan Dengan Mudah

Bosan adalah suatu keadaan dimana kita jenuh akibat kebiasaan yang selalu terulang. Misalnya menonton satu film secara berulang-ulang, maka jika kita terus menerus mengulangnya, pasti akan timbul rasa bosan. Hidup harus memiliki perbedaan setiap waktunya, agar tingkat kejenuhan atau bosan menjadi berkurang.

Tidak heran banyak sekali orang yang stress akibat dari kebiasaan mereka yang begitu-begitu saja sampai berhari-hari, bahkan ada yang sampai bertahun-tahun. Menghilangkan hidup yang penuh dengan rasa jenuh harus kita lakukan, agar tidak terkena masalah serius yang sering terjadi di dalam kehidupan, sebut saja seperti emosi, amarah, dendam dan lainnya.

Cara Mengatasi Jenuh dan Bosan
huffpost.com

Secara psikologi, bosan didefinisikan oleh¬†Fisher¬†dalam istilah sebagai “Suatu kondisi dimana perasaan seseorang yang tidak menyenangkan dan bersifat sementara, yang seseorang merasakan suatu kehilangan minat dan sulit berkonsentrasi terhadap aktivitas yang dilakukannya”.

Penyebab Bosan :

  1. Kesendirian, terkadang kita akan merasa cepat menjadi bosan jika kita sedang sendirian, tidak ada yang bisa diajak untuk berbicara. Meskipun begitu ada sebagian orang yang suka dengan kesendirian.
  2. Stagnan, yaitu disaat kita merasa kehidupan kita tidak pernah mengalami perubahan dari waktu ke waktu.
  3. Tidak ada aktivitas, kebanyakan orang mengeluhkan bosan karena tidak ada aktivitas yang dapat dilakukan. Orang yang memiliki aktivitas saja bisa bosan, apalagi yang tidak sama sekali.
  4. Kondisi, terkadang kita menemukan kondisi yang menurut kita tidak menyenangkan. Misalanya menunggu, tidak memiliki uang, disuruh-suruh, menyesal, serba salah dan sebagainya.

Bosan itu “Wajar”

Perasaan Bosan dan Jenuh itu adalah hal yang wajar yang datang di kepala kita. Bosan menjadi penanda bahwa apakah seorang manusia masih melakukan aktivitas kehidupan atau tidak. Maka bersykurlah kita bila dalam beraktivitas tiba-tiba muncul rasa bosan.

Namun, bosan tidak bisa kita remehkan begitu saja, jika bosan berkelanjutan dapat menyebabkan rasa malas yang akut, rasa percaya diri yang rendah dan membuat hubungan dengan orang lain menjadi tidak baik.

Cara Mengatasi Jenuh dan Bosan

  • Lakukan Aktivitas Rohani

lesprivat99.com

Aktivitas rohani yang dimaksud adalah beribadah, bagi yang beragama islam, waktu-waktu luang bisa kita manfaatkan untuk sholat, berzikir dan membaca Al-qur’an. gunakan waktu luang kita untuk mendekatkan diri kepada Allah, bukan hanya rasa bosan yang akan hilang, kitapun akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

  • Cari Ide-ide baru

csdnews.com

Carilah kegiatan agar kita tidak bosan, misalnya ide-ide baru yang kreatif. Penyebab bosan sendiri yaitu karena kita melakukan hal yang sama dan dengan cara yang sama, termasuk juga dengan pola pikir yang sama. Untuk itu carilah kegiatan baru yang belum pernah anda kerjakan, tentunya kegiatan yang positif.

Walaupun kita melakukan aktivitas yang menuntut untuk terus kreatif, tapi kita perlu melakukannya dengan hal yang berbeda, karena hal ini dapat membuang jenuh dan penat di dalam pikiran kita.

  • Ubah Cara atau kembangkan kreativitas

uangteman.com

Walaupun kamu bekerja tidak sesuai dengan kreativitasmu, kamu bisa melakukan kagiatan yang kamu suka saat jam istirahat. Lakukan saja apa yang kamu suka, seperti mendengar musik, menggambar, menulis, membaca dan lain sebagainya. Tapi perlu diingat bahwa kegiatan itu mungkin akan menimbulkan kebosanan secara perlahan.

  • Bersosialisasi

webmateri.com

Salah satu penyebab bosan adalah kesendirian, perlu kita ingat bahwa manusia merupakan makhluk sosial. Artinya, manusia tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan orang lain. Karena itu, saat kita bosan cobalah ajak orang sekitar kita untuk berbincang, bila memang tidak ada yang bisa diajak untuk berbincang, kita dapat menghubungi melalu telepon, chat dan lainnya. Jadi intinya jangan pernah menutupi diri.

  • Nikmati Aktivitas

depositophotos.com

Ketika kita terpaksa melakukan sesuatu maka otomatis kita merasa bosan dan jenuh menjalaninya. Dengan menikmati aktivitas kita dan menjalaninya dengan ikhlas, rasa bosan dan jenuh pasti tidak akan terasa. Dengan menikmati aktivitas yang kita lakukan berarti kita mampu mengatasi rasa bosan.

  • Cari Suasana Baru

psikologid.com

Suasana yang tidak pernah berubah merupakan salah satu penyebab utama timbulnya rasa bosan dan jenuh. Carilah suasana yang baru agar rasa bosan dan jenuh bisa diatasi. Suasana baru dapat menyegarkan pikiran, memberikan ketenangan dan kenyamanan pada driri kita, serta aktivitas keseharian kita lebih bervariasi dibandingkan melakukan aktivitas yang sama setiap hari.

  • Tidur

chrysaliskinesiology.com.au

Tidur merupakan salah satu senjata pamungkas untuk menghilangkan rasa bosan. Tidur merupakan salah satu pilihan terakhir bila tips yang lain tidak bisa dilakukan. Setidaknya tidur dapat menghilangkan rasa bosan dan membuat tubuh dan otak dapat beristirahat sejenak dari segala hal yang menyebabkan kita bosan dan jenuh.

 

Jadi rasa bosan adalah hal yang manusiawi dan setiap orang pasti merasakannya. Untuk itu semoga dari ulasan ini kita dapat sedikit mengurangi rasa bosan yang kita rasakan. Semoga Bermanfaat

 

 

 

 

Tinggalkan komentar