Alat Musik Tiup Tradisional dan Modern

Alat Musik Tiup Tradisional – Kali ini saya akan membahas tentang alat musik tiup yang meliputi kategori, daerah asal, gambar, bahan serta jenisnya. Sebelum itu akan lebih baik lagi jika kita mengetahui apa itu alat musik, berikut penjelasannya.

Pengertian Alat Musik

Alat Musik Tiup Tradisional
pixabay.vom

Alat musik adalah, alat yang sengaja dibuat untuk dapat menghasilkan suara. Secara khusus alat musik dibuat untuk bermusik, namun pada dasarnya, apa saja yang bisa menghasilkan suara dengan nada-nada tertentu sudah bisa dikatakan sebagai alat musik.

Alat musik awalnya dibuat dari benda-benda yang mudah ditemukan, seperti kerang, kulit binatang dan juga tanaman. Kini alat musik mulai berkembang dan memiliki banyak macam. Alat musik sebagian terbuat dari bahan yang terdapat di alam, terutama alat musik tradisional.

Seiring zaman berlalu, kini alat musik sudah berkembang dan secara umum terbagi menjadi 2 macam, yaitu alat musik tradisional dan alat musik modern.

Berdasarkan Sumber bunyinya, alat musik terbagi  menjadi 5 bagian, diantaranya:

  • Idiofon, adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari bahan dasar dari alat musik itu sendiri.
    Contoh: bonang, triangle, angklung, kabasa, kolintang.
  • Kordofon, adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari senar/dawai.
    Contoh: gitar, bass, kecapi, biola, sitar, piano.
  • Membranofon, adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari selaput atau membran.
    Contoh: tifa, bongo, drum, rebana, gendang.
  • Elektrofon, adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari listrik (elektronik) yang dibangkitkan.
    Contoh: keyboard, piano listrik, gitar listrik, bass listrik.
  • Aerofon, adalah alat musik yang suber bunyinya berasal hembusan udara pada rongga.
    Contoh: suling, harmonika, terompet, trombon.

Pengertian Alat Musik Tiup

Alat Musik Tiup Tradisional

Alat musik tiup merupakan alat musik yang umumnya berbentuk tabung yang terdapat rongga/kolom udara didalamnya, alat musik ini dimainkan dengan cara meniupnya.Berdasarkan dari sumber bunyi dan cara memakainya, alat musik tiup merupakan alat musik idofon.

Tinggi rendahnya nada ditentukan oleh besar dan panjangnya rongga yang terdapat pada alat musik yang digunakan, misalnya suling, suling memiliki rongga yang panjang, suaranya akan terdengar merdu.

Cara memperoleh nada pada alat musik tiup

Untuk memperoleh nada pada alat musik tentu kita harus mengetahui bagaimana caranya. jika kita tidak mengetahui caranya, nada yang dikeluarkan pasti tidak akan enak didengar. Untukk itu kita harus mengetahui caranya, kali ini saya akan memberitahu beberapa cara, diantaranya:

Mengubah panjang kolom udara getar dengan cara:

  1. Mengubah panjang tabung lewat pengaturan katup yang dilewati oleh udara yang masuk melalui tabung tambahan, sehingga akan meningkatkan panjang keseluruhan tabung, serta menurunkan titik nada dasar. Biasanya cara ini digunakan pada alat musik tiup berbahan logam (brasswind instrument).
  2. Mengubah panjang efektif tabung dengan menutup atau membuka lubang yang terdapat pada sisi tabung. Biasanya cara ini digunakan hampir pada semua alat musik tiup kayu (woodwind instrument).
  3. Memperpanjang tabung alat musik menggunakan mekanisme geser. Biasanya cara ini digunakan pada alat musik tiup seperti trombon. Menggetarkan kolom udara pada berbagai harmoni tanpa mengubah panjang kolom udara.

Berdasarkan bentuknya alat musik tiup dibagi menjadi 2, yaitu:

  1. Alat musik yang terbuat dari logam (Brasswind instrument)
  2. Alat musik yang terbuat dari kayu (Woodwind instrument)

Pembagian alat musik tiup berdasarkan kategori

1. Alat Musik Tiup Tradisional

Alat musik tiup tradisional merupakan alat musik yang berasal daerah tertentu dan biasanya digunakan dalam ritual tertentu, pada umumnya alat musik tradisional terbuat dari kayu (Woodwind instrument).

Alat musik tiup tradisional Nusantara:

1. Tahuri (Maluku Utara)

Alat Musik Tiup Tradisional
budaya-indonesia.org

Tahuri  merupakan terompet yang terbuat dari kima  atau kerang raksasa. Tahuri berasal dari Provinsi Maluku,  khususnya daerah pesisir. Untuk membuat tahuri, kerang harus dicuci sampai bersih, setelah bersih, kerang dilubangi dengan bor. Kerang yang berukuran kecil akan menghasilkan nada tinggi, sedangkan kerang yang berukuran besar akan menghasilkan nada rendah.

2. Serunai (Sumatera barat)

Alat Musik Tiup Tradisional
indoindotraditionalmusic.blogspot.co.id

Serunai adalah alat musik berasal dari Sumatera Barat. Serunai biasa juga disebut puput serunai dimainkan dengan cara di tiup. Serunai mempunyai ujung yang mengembang yang memiliki fungsi memperbesar volume suara. Bahkan ada jenis serunai yang terbuat dari batang padi dan pengaturan nadanya dilakukan dengan cara menutup dan membuka bagian yang corong.

3. Serangko (Jambi)

Alat Musik Tiup Tradisional
Azharjambi.blogspot.co.id

Serangko adalah alat musik khas Jambi yang terbuat dari tanduk kerbau. Tanduk kerbau yang terdapat pada serangko disambung dengan bambu yang pada bagian sisinya sudah dibulangi. Panjang serangko bisa mencapai 1meter. Pada zaman dahulu, serangko digunakan sebagai alat untuk memberikan informasi pemberitahuan komando dari komandan perang dan peringatan akan datangnya suatu musibah.

4. Serune kalee (Aceh)

Alat Musik Tradisional
youtube.com

Serune Kalee adalah alat musik tradisional yang memiliki bentuk mirip terompet khas Aceh dengan dengan struktur bentuk mirip klarinet. Serune Kalee biasanya dimainkan sebagai alat musik utama dalam sebuah pertunjukan musik tradisi di Aceh, diiringi geundrang, rapai, dan alat musik tradisional lainnya.

5. Saluang (Sumatera Barat)

Alat Musik Tiup Tradisional
kamerabudaya.com

Saluang merupakan alat musik tiup tradisional khas Minangkabau, Sumatera Barat. Alat musik tiup tradisional ini terbuat dari bambu kecil atau talang. Orang Minangkabau mempercayai bahwa bahan yang paling bagus untuk membuat saluang adalah talang untuk jemuran kain atau talang yang ditemukan hanyut di sungai. Alat musik ini memiliki kesamaan dengan suling, tapi proses pembuatannya lebih sederhana, cukup hanya dengan melubangi talang dengan empat lubang.

Alat musik tiup tradisional mancanegara

1. Eufonium (Inggris, Amerika dan sekitarnya)

Alat Musik tiup Tradisional
Khansaxaviera.blogspot.co.id

Eufonium termasuk ke dalam alat musik tiup yang terbuat dari logam (Brasswind instrument) dan menggunakan katup sebagai sumber bunyinya. Eufonium merupakan alat musik tiup yang menghasilkan nada dalam rentang titik nada tenor. Di Inggris, alat musik ini digunakan oleh prajurit kerajaan untuk menyambut tamu kehormatan.

2. French Horn (Prancis)

Alat Musik tiup Tradisional
inst.eecs.berkeley.edu

Meskipun secara global hampir semua negara memiliki alat musik ini, namun Prancis dianggap sebagai negara asal alat musik ini ditemukan. Alat musik tiup ini banyak digunakan dalam pertunjukkan marching band. Alat musik ini termasuk jenis alat musik yang terbuat dari logam (Brasswind instrument) yang menggunakan sistem katup sebagai sumber bunyinya.

3.Daegeum (Korea Selatan)

Alat Musik tiup Tradisional
koreanclassmassive.com

Bagi masyarakat korea, daegeum mungkin tidak asing lagi baginya. Namun, bagi sebagian besar warga dunia tidak mengenal alat musik yang satu ini. Daegeum termasuk ke dalam alat musik tiup tradisional yang terbuat dari bambu dan sering digunakan untuk mengiringi pertunjukan tari tradisiomal di Korea.

4. Vuvuzela (Afrika selatan)

Alat Musik Tradisional
www.clipartbest.com

Alat musik tiup yang satu ini memboobing saat Afrika Selatan menggelar Piala Dunia 2010 yang lalu. Dalam event sepak bola tersebut, masyarakat seluruh penjuru dunia mengenal alat musik vuvuzela yang selalu ditiup oleh hampir seluruh penonton di sepanjang pertandingan sepak bola berlangsung.

5. Aulos (Yunani)

Alat Musik Tiup Tradisional
ancient.eu

Aulos merupakan alat musik tiup yang berasal dari Yunani. Alat musik ini bisa juga kita temukan di sekitar daerah Mesir. Alat musik ini berbentuk seperti seruling yang terdiri 2 tabung yang disatukan.

6. Bagpipe (Irlandia)

Alat Musik Tiup Tradisional
kinnairdbagpipes.com

7. Balaban (Azerbaijan)

Alat Musik Tiup Tradisional
wikiwand.com

Balaban adalah alat musik tiup tradisional yang berasal dari Azerbaijan. Alat musik tradisional ini terbuat dari kayu murbei atau kayu yang memiliki tekstur keras. Alaban memiliki bentuk silinder, panjang sekitar 34cm dan dengan 8 lubang sebesar ujung ibu jari. Di Turki balaban disebut juga dengan na mey, sedangkan asal pertama alat musik ini di daerah Armenia, Duduk.

8. Bansuri

Alat Musik Tiup Tradisional
punamflutes.com

Bansuri merupakan salah satu alat musik tiup tradisional yang berasal dari India. Alat musik tradisional ini termasuk kedalam keluarganya seruling, karena memiliki bentuk dan cara memainkan yang hampir sama dengan seruling. Bansuri memiliki 6-7 lubang. Pada zaman dahulu, bansuri digunakan oleh masyarakat hindu untuk mengiringi lagu-lagu rohani.

2. Alat Musik Tiup Modern

1. Flute

Alat Musik Tiup Tradisional
emaze.com

Flute merupakan alat musik modern yang biasanya terbuat dari perak atau emas. Flute juga termasuk ke dalam keluarga seruling, tapi flute memiki bahan yang berbeda dari seruling. Flute untuk pelajar yang masih belajar memakai flute terbuat dari nikel atau besi.

2. Harmonika

Alat Musik Tiup Tradisional dan Modern
pixabay.com

Harmonika merupakan alat musik yang cara memainkannya dihisap dan ditiup. Alat musik ini berasal dari alat musik tradisional China “Sheng”. Sedangkan harmonika modern ditemukan sekitar tahun 1821 oleh C.Friedrich Buschman.  Harmonika memiliki bentuk yang bervariasi, ada yang memiliki 10 lubang dan 20 lubang.

3. Melofon

Alat Musik Tradisional dan Modern
vogelavos.cz

Melofon merupakan alat musik keluarga musik tiup logam (Brasswind Instrument). Alat musik modern ini biasanya digunakan saat marching band untuk menyambut tamu kehormatan atau event-event tertentu. Melofon memiliki kemiripan dengan French horn.

4. Saxofon

Alat Musik Tiup Tradisional dan Modern
youtube.com

Saxophopone atau saksofon merupakan alat musik tiup yang berasal dari Belgia dan termasuk ke dalam keluarga alat musik tiup logam (Brasswind instrument). Alat musik modern ini dibuat oleh pemain clarinet yang bernama Adolphe Sax, karena namanya itu alat musik ini diberi nama saxophone.

 

Baca juga peluang usaha jual pertamini

2 pemikiran pada “Alat Musik Tiup Tradisional dan Modern”

Tinggalkan komentar