13 Makanan Terlezat di Dunia

Pernahkah Anda  mendengarkan istilah “Tidak ada cinta yang lebih tulus daripada cinta terhadap makanan”. Istilah ini disampaikan oleh George Bernard Shaw, seorang dramawan, aktivis politik, kritikus Irlandia yang juga co-founder London School of Economics (LSE).

Dengan begitu banyaknya makanan yang luar biasa di dunia, mungkin istilah ini tidak salah. Pasti Anda bertanya apa saja makanan yang terlezat di dunia ini ? Apakah Pop Corn? Makanan Melayu dan Cina ? Atau makanan khas Amerika ? Sepertinya bukan salah satu dari itu.

Berdasarkan survei CNN yang diikuti oleh 35.000 orang di Facebook, makanan terlezat di dunia bukanlah kari, tapi makanan dari Sumatera Barat yang kaya dengan santan dan pedas. Berikut saya akan membahas 13 daftar makanan terlezat di dunia versi CNN.

  • Rendang, Indonesia

Ya, Makanan yang sering kita jumpai di Indonesia ini masuk sebagai salah satu peringkat teratas makanan terlezat dunia, kita wajib bangga memiliki makanan ini. Pada tahun 2011, menurut survei yang dilakukan CNN yang diikuti 35.000 orang, menyetujui Rendang merupakan makanan paling lezat dan wajib untuk dicoba.

resepdanmasakan.com

Proses pembuatannya diawali dengan, Dagin sapi direbus perlahan dengan santan dan campuran sereh, lengkuas, bawang putih, kunyit, cabai dan rempah-rempah lainnya. Kemudian ditunggu beberapa jam untuk membuat daging menjadi lembut. Hidangan asal Indonesia, tepatnya di Sumatera barat ini sering disajikan pada acara-acara adat dan untuk menjamu terhormat.

  • Nasi Goreng, Thailand

Yaps !! Nasi Goreng! Makanan ini sangat simpel pembuatannya dan familiar bagi kita. Kita bisa membuatnya hanya cukup dengan bahan yang sederhana, yaitu nasi, telur dan sedikit garam. Kita juga bisa menambahkan bahan lain, seperti sosis, bakso, nugget, keju dan bahan lainnya.

seriouseats.com

Proses pembuatannya cukup mudah, pertama panaskan minyak/margarin terlebih dahulu, kemudian tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah di iris tipis, tambahkan sosis, kacang polong, dan bahan yang kalian suka, setelah harum, masukkan nasi, telur dan bumbu lainnya, aduk hingga rata. Angkat dan nasi goreng siap untuk dihidangkan.

  • Sushi, Jepang

Sushi merupakan makanan mentah, walaupun mentah, sushi merupakan makanan yang sehat. Ada berbagai macam variasi, namun rata-rata menggunakan bahan yang mentah seperti, ikan, udang, alpukat, lobster dan gurita. Susi paling lezat dipadu dengan kecap, kecap asin, saus wasabi, dan lainnya. Sensasi pedas dan saling melengkapi rasa ikan yang manis dan berpadu di lidah.

flickr.com

Membuat sushi tidak begitu sulit, kali ini saya akan memberi tahu cara praktis untuk membuat sushi. Pertama taruh beras yang sudah dibersihkan ke dalam panci, tutup, masak dengan api besar, dan didihkan. Kecilkan api dan tutup selama 12 menit atau hingga air sudah meresap, angkat lalu sisihkan. Tutup sekitar 10 menit. Campur cuka, gula dan garam dalam mangkuk kecil, kemudian pindahakan nasi ke dalam mangkuk kaca besar, aduk nasi dengan menggunakan pengaduk kayu, lalu tambahkan cuka secara bertahap, aduk perlahan hingga rata. Tunggu nasi dingin sekitar 15 menit. Taruh alas sushi pada talenan, tempatkan lembaran nori (rumput laut), sisakan 3cm pada setiap sisinya.

Taruh salmon dan alpukat pada bagian tengah nasi, sambil menggulung alas tahan isian tengah. Lakukan cara tersebut hingga nori habis. Agar lebih mudah, juga bisa menyusun nori terlebih dahulu, kemudian nasi dan isian lainnya di atasnya. Untuk menambah kelezatan sushi, sajikan sushi dengan wasabi atau mayonaise.

  • Tom yum goong, Thailand

Tom yum goong merupakan salah satu sup paling populer di Thailand, bahannya terdiri dari udang, jamur, tomat, serai, lengkuas, jeruk purut. Bahan tersebut dipadu dan direbus dalam santan dan krim. makanan ini kaya dengan rasa,yaitu paduan dari 4 rasa, yaitu rasa asin, manis, pedas dan manis sehingga dapat membuat lidah ada bergetar. Hehe

lifeeglobe.net

Jika diantara keluarga kita ada yang alergi terhadap udang, tak perlu khawatir, karena udang bisa diganti dengan ayam.

  • Peking Duck, Cina

Daging bebek memang enak, terlebih jika dagingnya diolah khusus menjadi bebek peking. Bumbu yang kuat dan meresap sempurna memberikan rasa yang pas hingga ke dalam dagingnya. Kulitnya yang tipis, namun gurih didampingi dengan sirup yang khas, dagingnya yang begitu lembut dapat Anda celupkan ke saosnya.

sukalaper.com

Jika  berlibur ke Beijing, Cina, jangan lupa makan bebek pekingnya. Mungkin Anda pernah dengar istilah ini. Namun saat ini Anda tidak perlu jauh ke Cina untuk mencicipi Bebek peking, karena kini sudah banyak restoran masakan Cina di Indonesia yang menyajikan Bebek peking. Tidak membingungkan jika makanan ini dipertimbangkan sebagai salah satu makanan paling lezat di dunia.

  • Lasagna, Italia

Lasagna menyalip saudaranya sendiri, yaitu Pizza. Lasagna menjadi makanan yang paling dicari-cari setelah pizza dan merupakan salah satu masakan Italia yang berada dalam daftar makanan terlezat di dunia.

barilla.azureedge.net

Makanan yang dilapisi pasta, bersaus tomat, dengan daging cincang ini sangat populer di kalangan orang dewasa maupun anak-anak.

  • Ramen, Jepang

Saat memakan ramen kamu diwajibkan untuk membuat suara “slurp” yang keras, karena itu juga ramen disebut dengan makanan paling berisik, jangan heran, hal itu dilakukan untuk menunjukkan rasa hormat kepada koki. Bagi kita itu tentu merupakan hal aneh dan lucu, tapi di Jepang itu sudah menjadi hal yang wajar dan wajib dilakukan. Bukan berarti mereka membutuhkan penghargaan dan rasa hormat. Tapi bunyi itu menunjukkan bahwa ramen yang Anda makan enak dan koki yang membuatnya jenius.

wagamama.com

Ramen di Jepang sangat banyak variasi dan macamnya, tingkat kelezatannya-pun tentu tergantung selera Anda masing-masing, jadi teliti dahulu yaa !!.

  • Ice cream, Amerika

Ice cream, ya nama ini tidak asing lagi di telinga kita. Hampir semua orang menyukai Ice cream, mulai dari anak-anak bahkan orang dewasa. Dahulu, membuat ice cream adalah hal yang sangat merepotkan dan menyusahkan. Untuk membuat ice cream, es harus didapatkan dari kolam atau danau yang membeku saat musim dingin, kemudian es dipotong dan disimpan ke dalam tumpukan jerami, lubang di dalam tanah, atau tempat penyimpanan lainnya yang terbuat dari kayu dan diberi jerami. Es tersebut disimpan dan digunakan saat musim panas.

greenparklutheranschool.org

Singkat cerita, kini sudah banyak macam Ice cream yang bisa kita dapatkan, dan sudah banyak dipadu dengan bahan lain. Ice cream dengan bentuk yang padat sangat banyak digemari. Paling cocok dan dianjurkan dimakan saat siang hari, sore hari dan saat santai.

  • Kebab, Turki

Kebab menjadi makanan yang begitu terkenal dan sudah mendunia. Di Indonesia sendiri sudah banyak kedai kebab yang berdiri. Selain rasanya yang enak, kebab juga memiliki kandungan gizi yang tinggi.

maksindo.com

Selain memiliki gizi yang banyak, kebab juga mengenyangkan. Kini anda tidak perlu ke Turki untuk merasakan lezatnya kebab, karena di Indonesia sudah banyak berdiri kedai khas Turki.

  • Dim Sum, Hongkong

Jika Anda berkunjung ke Hongkong, tidak lengkap rasanya jika Anda belum mencoba makanan tradisional khas Hongkong ini. Dim sum ini mirip dengan siomay, tetapi tetap memiliki ciri dan rasa khas tersendiri. Dim sum terdiri dari beberapa varian, seperti dim sum udang, dim sum goreng dan lain sebagainya.

insider.lunchgate.ch
  • Croissant, Prancis

Roti yang bentuknya mirip bulan sabit ini dalam bahasa Inggris disebut dengan Croissant, merupakan kue kering (pastry) yang asalnya dari Prancis. Dinamakan Croissant karena bentuk kue ini mirip dengan bulan sabit.

 

maison-parisienne.com

Pada awal pembuatannya, roti ini dibuat tanpa menggunakan isi dan mentega. Roti tanpa isi inipun masih dipertahankan hingga sekarang. Akan tetapi diluar Prancis, roti croissant sudah dibuat dengan ditambahi isian yang beragam, seperti cokelat, daging, nanas, selai, keju, dan lainnya. Roti ini paling cocok dinikmati dengan secangkir kopi, susu atau minuman lainnya.

  • Fish n Chip, Inggris

Fish n chip diyakini berasal dari Inggris sekitar tahun 1850. Awalnya para pekerja yang menginginkan hidangan praktis yang bahan utama ikan. Pada awalnya ikan yang digunakan adalah ikan sub-tropis, tetapi dengan semakin berkembangnya resep ini, termasuk ke benua Asia, semakin banyak jenis ikan yang bisa digunakan sebagai bahan dasar fish n chip. Hampir keseluruhan ikan bisa dibuat fillet (irisan besar tanpa tulang dan duri) dapat dijadikan bahan dasar fish n chip.

samuitimes.com

Fish n chip ini kelihatan seperti junk food. Tapi tenang saja, makanan ini dijamin sehat, Fillet ikan yang digoren dengan tepung dipadu dengan potongan kentang yang di goreng cukup untuk memenuhi protein dan kabohidrat Anda, dan bisa dijadikan siasat untuk anak-anak Anda yang kurang suka mengkonsumsi ikan.

  • Galbi, Korea

Galbi dalam bahasa Korea memiliki arti iga sapi, ya makanan yang berasal dari tulang iga sapi. Biasanya masyarakat korea memasaknya dengan iga sapi tetapi terkadang tulang babi, namun di Indonesia yang mayritas agamanya Islam, tentu bahan yang digunakan iga sapi.

seouljournal.com

Galbi dipanggang dan dibumbui khusus sehingga menghasilkan rasa yang manis dan gurih. Jika Anda berkunjung ke Korea, jangan lupa untuk mencicipi galbi.

 

 

 

2 pemikiran pada “13 Makanan Terlezat di Dunia

Tinggalkan komentar